Kelas Internet of Things (IoT) DTS PROA Batch 3

Indobot Academy · 18 Juli 2022

Kelas Internet of Things (IoT) DTS PROA Batch 3 merupakan salah satu program beasiswa Indobot Academy bersama Digitalent Kominfo RI bagi para pekerja atau profesional Program Digital Talent Scholarship (DTS) adalah program pelatihan pengembangan kompetensi yang telah diberikan kepada talenta digital Indonesia sejak tahun 2018. Program Digital Talent Scholarship tahun 2021 didesain untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran pentahelix (pemerintah, komunitas/masyarakat, institusi pendidikan tinggi, dunia usaha, dan media) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.

Kelas Internet of Things (IoT) melalui program Digital Talent Scholarship bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing, produktivitas, profesionalisme SDM. Terutama di bidang teknologi informasi dan komunikasi bagi angkatan kerja muda Indonesia, masyarakat umum, dan aparatur sipil negara.

  • Apabila Anda merupakan pengguna baru, kemudian bisa langsung klik “Login to Enroll” untuk login atau mendaftar jika belum mempunyai akun.
  • Apabila sudah mempunyai akun, setelah login klik “Beli Sekarang!” untuk enroll kelas.
  • Setelah masuk ke beranda Internet of Things (IoT) DTS PROA Batch 3, kemudian bisa langsung klik “Start Course” untuk mengakses materi dan video pembelajaran.

Internet of Things

Revolusi Industri 4.0 adalah fenomena transformasi pada sektor industri yang di dorong oleh Internet of Things (IoT). Serta kecerdasan buatan (AI), big data, dan teknologi terkait lainnya. Revolusi ini mendorong terciptanya sistem produksi yang lebih efisien, adaptif, dan terhubung secara digital. Salah satu pilar utama dalam Revolusi Industri 4.0 adalah arsitektur Internet of Things (IoT).

Arsitektur IoT mencakup infrastruktur teknologi yang mendukung konektivitas dan interaksi antara perangkat fisik dan sistem informasi. Kemudian dalam konteks Revolusi Industri 4.0, arsitektur IoT memainkan peran penting dalam membentuk sistem yang terintegrasi dan mampu memberikan informasi secara real-time.

Contoh Implementasi IoT

Manufaktur Otomatis: Pabrik cerdas yang menggunakan sensor pada mesin-mesin produksi untuk mengumpulkan data operasional secara real-time. Data ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses produksi, memantau kesehatan mesin, dan mengurangi waktu henti produksi.

Pertama, Logistik dan Rantai Pasokan: Sistem pelacakan menggunakan sensor IoT pada barang atau kendaraan untuk memberikan visibilitas penuh pada rantai pasokan. Hal ini memungkinkan pemantauan real-time terhadap lokasi dan kondisi barang, meningkatkan efisiensi pengiriman dan manajemen persediaan.

Kedua, Kota Cerdas (Smart Cities): Implementasi sensor dan perangkat IoT di seluruh kota untuk mengumpulkan data. Contohnya lalu lintas, keamanan, manajemen limbah, dan utilitas publik. Data ini di gunakan untuk meningkatkan pengelolaan kota dan memberikan layanan yang lebih baik kepada penduduk.

Ketiga, Pertanian Pintar (Smart Farming): Penggunaan sensor pada ladang untuk memantau kondisi tanah, cuaca, dan pertumbuhan tanaman. Data ini membantu petani membuat keputusan yang lebih baik dalam manajemen tanaman, irigasi, dan pemeliharaan lahan.

+775 enrolled
Not Enrolled
This course is currently closed

Course Includes

  • 22 Lessons

Ratings and Reviews

5.0
Avg. Rating
60 Ratings
5
58
4
2
3
0
2
0
1
0
What's your experience? We'd love to know!
Yuandri Septiawan
Posted 9 bulan ago
good

good

×
Preview Image
Agus Supriyanto
Posted 10 bulan ago
DTS PRO Batch 3

Sangat beruntung sekali dapat pelatihan secara gratis dari Kominfo dan Indobot, sangat bermanfaat untuk memperluas wawasan mengenai dunia IoT

×
Preview Image
Taufan Adiguna
Posted 11 bulan ago
good

good

×
Preview Image
Anggitania Aurien
Posted 11 bulan ago
mantappp

Terima kasih indobot, ilmunya sangat bermanfaat.. bisa dipelajari terus

×
Preview Image
Anandito Birowo
Posted 1 tahun ago
Modul Perlu Diperbaiki, Waktu Pengumuman Jangan Terlalu Lama

Pelatihan ini akan lebih bagus lagi jika : 1. Tidak terlalu sering ganti trainer, maksimal 1x penggantian. 2. Modul pelatihan harus diupdate dan diperbaiki lagi (ada beberapa salah tulis atau kurang lengkap) 3. Waktu pengumuman ketika pelatihan semua modul dan ujian final sudah selesai, jangan terlalu lama (maksimal 7 hari kerja) agar peserta bisa mendaftar untuk topik digitalent lain.

×
Preview Image
Fiance Sauvage Ticoalu
Posted 1 tahun ago
sangat bermanfaat, alur mudah dipahami dan bisa diterapkan

mantab

×
Preview Image
Marwan Ramdhany Edy
Posted 2 tahun ago
Sangat bermanfaat

Terimakasih tim indobot dan digitalent sudah mengadakan workshop ini

×
Preview Image
HANDY SADIKIN
Posted 2 tahun ago
Bermanfaat Sekali

Ilmu yang di ajarkan mudah di pahami dan permateri menjelaskan dengan sangat detail

×
Preview Image
Aldian Umbu Tamu Ama
Posted 2 tahun ago
Sangat bermanfaat

Pengajar menyampaikan materi dengan detail dan sangat sabar memberi penjelasan dari pertanyaan

×
Preview Image
PRIBADI HUTOMO PUTRO
Posted 2 tahun ago
Sangat Bermanfaat

Min kapan pengumuman nya BACH 3 IOT Mau ikut pelatihan lagi jadi terhambat

×
Preview Image
Show more reviews
What's your experience? We'd love to know!

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Terima kasih Kominfo dan Indobot telah memberikan beasiswa pelatihan IOT ProA Batch 3 untuk meningkatkan kompetisi digital. Semoga dapat didesiminasikan untuk memajukan dunia pendidikan

  2. Terima Kasih Kominfo dan Indobot, Pelatihan gratis ini membuat SDM Indonesia semakin bermutu, bukan cuma unggul di bidang korupsi saja, akan tetapi mudah2an kedepan benar2 SDM yang Profesional dan mempunyai Skill dan Integritas yang tinggi sehingga negara ini akan naik ke Level Negara Maju seperti yang diimpikan oleh pahlawan pembela tanah air yang telah menumpahkan darah mereka demi Negeri ini.

  3. Terima kasih Kominfo dan Indobot telah memberikan beasiswa pelatihan IOT ProA Batch 3 untuk meningkatkan kompetisi digital. Pelatihan yang sangat bermanfaat, banyak ilmu yang di dapat di sini yang nantinya bisa di terapkan di lingkungan sekitar kita..

  4. inilah pelatihan yg paling kekinian yg pernah saya ikuti… mantab banget, materinya banyak prakteknya, trainernya sabar dan ramah, teman2nya saling mendukung, pokoknya bagus semua. Jempol gedhe untuk DTS Kominfo dan tim Indobot.

  5. Pelatihan yang sangat bermanfaat, banyak ilmu yang di dapat di sini yang nantinya bisa di terapkan di lingkungan sekitar maupun di area pekerjaan kita.. terima kasih Indobot, terima kasih Digitalent Kominfo 🙂

  6. Thank Kominfo dan Indobot yang telha memfasilitasi course IoT ini. Saya merasakan manfaat dari kegiatan ini untuk karier pekerjaan saya saat ini. Semoga bisa bergabung dlm even-even kominfo maupun indobot yang lainnya.

  7. Terima kasih Indobot dan DTS Kominfo untuk pembelajaran gratis ini, sangat bermanfaat dan memberikan pengalaman belajar banyak mengenai IoT dan project terkait dengan penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari.

  8. Terima kasih untuk indobot dan kominfo untuk program training IoT nya
    Terima kasih juga untuk pak Aldi selaku trainer kami di kelas IoT3-20

    Bakalan kangen belajar IoT lagi bareng kelas 20, wlopun dpt kelas malem cm jd melek pas sesi praktek dan challange

  9. Terima kasih atas pelatihan yang diberikan selama ini walaupun waktu pelatihan sangat singkat tetapi ilmu yang diberikan sangat berbobot …. sukses selalu indobot

  10. Alhamdulillah dpt ilmu yg sangat bermanfaat, pelatihan IoT atau yg semacam ini sangat penting utk meningkatkan profesionalisme SDM dan talenta2 digital menuju Indonesia maju, mandiri, kuat dan berdayasaing global.
    Terimakasih Indobot Academy, terimakasih Digitalent Kominfo RI, dan terimakasih pd semua pihak.

  11. Terima kasih Kominfo dan Indobot telah memberikan Program yang bagus ini, dalam meningkatkan keahlian di era digital. Pelatihan dengan bahan ajar yang mudah diPahami dengan Mentor yang sabar memandu kami, semoga kita daPat memanfaatkan ilmu yang telah diberikan. aamiin

  12. Saya sangat mengapresiasi kerjasama Kominfo dan Indobot atas terselenggaranya pelatihan IOT ProA yg bertujuan mencerdaskan masyarakat secara gratis. Kesempatan pelatihan ini sangatlah bermanfaat sekali bagi masyarakat yg kurang mendapatkan akses standar pembelajaran yg baik. Terima kasih Kominfo dan Indobot, you did an impactful thing for many people!!

  13. Semoga saja tidak berhenti sampai disini, dan bisa mengikuti program lanjutannya. Materinya berbobot dan Trainer yang berpengalaman dan sangat komunikatif. Terima kasih semuanya. Dari Firdaus – Peruri Security Printing

  14. Trimakasih telah menambah wawasan saya,
    Semoga ilmu yang saya dapat dapat berkembang dan saya implementasikan ke masayrakat.
    Kurang lebih saya secara pribadi juga minta maaf selama mengikuti pelatihan.

whatsapp whatsapp