smkn3_Malang

SMK PGRI 3 Malang Berhasil Melaksanakan Uji Kompetensi Produktif Untuk Sertifikasi Bekal Kelulusan Peserta Didiknya

Rabu (19/02/2020), Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK PGRI 3 Malang mengadakan uji kompetensi produktif. Terdapat 31 siswa/siswa kelas 12 yang mengikuti uji kompetensi ini. Tahun ini SMK PGRI 3 Malang menggandeng Indobot sebagai asesor atau penguji dalam kegiatan ini.

Selama dua hari, para siswa melakukan ujian praktik, mulai dari pembuatan skema rangkaian, pencetakan PCB, perakitan komponen, penggunaan alat ukur, serta pemrograman. Tidak hanya kemampuan kognitif saja yang dinilai, melainkan kemampuan afektif, seperti keselamatan kerja, tanggung jawab, kemandirian, kejujuran hingga menaati peraturan juga dinilai.

Peserta didik sedang mengikuti proses ujian praktik dalam uji kompetensi produktif

Komponen penilaian yang disusun oleh SMK PGRI 3 Malang sangatlah mendetail dan mendalam, para siswa mau tidak mau harus dapat mempraktikkan semua yang sudah bapak dan ibu guru ajarkan. Ada juga sesi tanya jawab oleh penguji yang dilakukan ditengah-tengah praktik, untuk mengetahui pendalaman materi yang didapat.

Yang paling menarik adalah sesi dimana para siswa mempresentasikan hasil tugas akhir mereka di depan teman-teman siswa lainnya, guru-guru dan penguji. Ada beberapa siswa yang kurang siap, ada juga yang sangat siap dan bisa menjawab semua pertanyaan yang masuk.

Sesi presentasi peserta didik di hadapan penguji

Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh penguji, semua peserta uji kompetensi ini dinyatakan lulus dengan nilai diatas 7,0. Nilai tertinggi yang diraih adalah sebesar 9,2 dan nilai terendahnya sebesar 7,4. Kegiatan ini dimaksudkan untuk evaluasi dan persiapan siswa ke jenjang berikutnya setelah lulus dari sekolah. Dengan mengikuti uji kompetensi ini diharapkan para siswa yang lolos dapat menggunakan keahliannya dalam karirnya mendatang.

Foto guru dan penguji setelah selesai kegiatan di halaman SMK

Dalam akhir kegiatan, pihak guru-guru berharap, setelah kegiatan uji kompetensi ini, Indobot dapat bekerjasama dengan SMK PGRI 3 Malang dalam berbagai macam hal, termasuk salah satunya program Praktik Kerja Lapangan (Eva).

 

Tinggalkan Komentar