SMK n 1 Ampelgading

Cepatnya perkembangan teknologi sekarang ini membuat lembaga-lembaga pendidikan, seperti SMK mau tidak mau membuat inovasi dalam pembelajarannya. Walaupun kurikulum sudah dirancang, namun sekolah juga harus mengajarkan pembelajaran dan materi yang relevan dengan kondisi industri saat ini. Salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh jurusan Teknik Elektronika Industri SMK N 1 Ampelgading, Pemalang, Jawa Tengah adalah mengadakan Pelatihan Arduino dengan menggandeng Indobot sebagai mitra industrinya.

SMK n 1 Ampelgading

Pelatihan yang digelar pada hari Jumat tanggal 8 November 2019 ini berlangsung selama sehari penuh. Guru dan siswa pun ikut andil dalam kegiatan yang baru pertama kali dilakukan oleh SMK favorit di Pemalang ini. Kegiatan dibuka oleh Wakil Kepala SMK N 1 Ampelgading.

Pembukaan dan sambutan dari Wakil Kepala SMK N 1 Ampelgading

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan teori terkait Arduino oleh tentor sekaligus founder Indobot, Oby Zamisyak, S.Pd. Dalam kegiatan ini juga dibuka tanya jawab dan sharing pengalaman tentang Arduino. Lalu dilanjut dengan pembuatan project pertama, dikarenakan pelatihan ini lebih menekankan pada praktik langsung, jadi untuk teori hanya dijelaskan secara sekilas.

Penjelasan mengenai arduino
Alat dan bahan untuk pelatihan

Para peserta tampak antusias dalam pembuatan project Arduino mereka. Mereka belajar Arduino mulai dari merakit komponen, checking pengkabelan/ wiring, memprogram Arduino hingga menguji hasil project yang telah dibuat, serta menganalisis cara kerjanya.

Peserta mulai merangkai komponen untuk membuat project
Peserta mulai memprogram project Arduino
Sesi konsultasi bersama tentor

Di akhir kegiatan, Kepala Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK N 1 Ampelgading, Bapak Mustari, M.Pd. menyampaikan harapan dari diadakannya kegiatan ini, “Dengan adanya pelatihan ini, semoga guru-guru kami dapat menerapkan pembelajaran ini ke siswa/siswi sebagai bekal mereka kedepannya, apalagi di persaingan Revolusi Industri 4.0 ini ya mas. Dan harapannya, setelah ini sekolah dan juga mitra industri, Indobot, mampu menjalin kerjasama lainnya, untuk kepentingan siswa/siswi di SMK N 1 Ampelgading ini”. Dari pelatihan ini dihasilkan sebuah kurikulum yang akan menjadi bahan ajar siswa/siswi untuk mempersiapkan diri mereka di masa depan. (Eva).

Ingin mengadakan pelatihan di sekolah, lembaga, instansi atau perusahaan Anda? Hubungi kami melalui whatsapp 085731636408.

 

Leave a Comment