Hallo teman Indobot.. Tentunya kalian sudah tidak asing lagi kan dengan pandemi Covid-19 ini??? Bahkan pada tanggal 30 Juni 2020 sudah dilaporkan lebih dari 50.000 jiwa manusia yang terkena positif Covid-19 di Indonesia.

Virus Corona mudah menginfeksi siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Dari hal tersebut, pencegahan terbaik dapat dilakukan mulai dari diri kita masing-masing. Misalnya dengan menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, mencuci tangan dengan sabun, dan masih banyak lagi.

Setelah diberlakukannya New Normal, maka setiap orang sudah mulai melakukan kegiatan baik di kantor, di mall, atau di tempat umum lainnya. Dimana tempat tersebut selalu tersedia Hand Sanitizer. Namun saat ini sudah banyak juga loh yang mengeluarakan cairan Hand Sanitizer tanpa menyentuh bagian Sprayer. Mau tau caranya? Simak langkah-langkah pembuatannya berikut ini …

Alat dan Bahan

  1. Arduino Uno
  2. Sensor HCSR04
  3. Motor Servo S90 @2 pcs
  4. Kawat atau Tali
  5. Kabel Jumper

Wiring Diagram

Pin Mapping

Flowchart

Penjelasan :

Arduino akan membaca output dari sensor ultrasonic HCSR04, dan mengeceknya apakah ada halangan semisal tangan dalam jarak kurang dari 15cm yang terbaca. Jika ada, maka Arduino akan memerintahkan motor servo untuk melakukan gerakan menekan sprayer hand sanitizer agar mengeluarkan cairan liquid hand sanitizer. Dan jika tidak ada maka Arduino akan memerintahkan motor untuk melakuka gerakan release atau idle dimana tidak dilakukan penekanan pada sprayer botol hand sanitizer.

Mau belajar Internet of Things tapi bingung apa aja yang harus dipersiapkan? Cek artikel berikut, klik disini.

 

Source Code

Jika kalian ingin lebih memperdalam belajar IoT bersama ratusan teman lainnya dan tentor berpengalaman, silahkan join Kursus Online Internet of Things dari Indobot Academy. Sebagai bonus karena kalian sudah share artikel ini, kami akan memberikan KODE KUPON Pendaftaran spesial untuk kalian. Buruan share artikel ini dan join kursusnya!

 

Referensi : masqush.com, nyebarilmu.com.

Tinggalkan Komentar