discord

Sertifikasi Profesi IoT BNSP

Mengenal SKKNI

Sebelum kita tahu lebih lanjut perihal Sertifikasi Profesi IoT BNSP. Kita perlu mengenal SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) merupakan  rumusan kemampuan kerja yang ditetapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). SKKNI berisi standar kompetensi mencakup pengetahuan, keterampilan, dan/atau keahlian serta sikap kerja  yang sesuai dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang sudah ditetapkan. SKKNI sering dijadikan sebagai patokan dalam pengambilan kompetensi pelatihan atau standar kemampuan yang diperlukan bagi calon pekerja yang berkaitan. Hal ini juga berlaku pada IoT Engineer yang berada di industri. (Mengetahui SKKNI lebih lengkap : SKKNI Sebagai Standar Kerja di Indonesia)

Sertifikasi Profesi

Pengertian sertifikasi profesi adalah sertifikasi kerja yang diperlukan untuk mendapatkan atau meningkatkan kompetensi tertentu. Sertifikasi profesi merupakan sertifikasi kerja yang dominan dikeluarkan oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang diakreditasi oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), contohnya adalah Sertifikasi Profesi Perekayasaan Perangkat IoT, Web Developer, Data Sains, Cloud Computing dan berbagai sertifikasi profesi untuk kompetensi yang lain.

Manfaat Sertifikasi Profesi

Bagi Pekerja

  • Membantu tenaga profesi meyakinkan kepada organisasi/industri/kliennya bahwa dirinya kompeten dalam bekerja atau menghasilkan jasa dan meningkatkan percaya diri tenaga profesi.
  • Membantu tenaga profesi dalam merencanakan karirnya dan mengukur tingkat pencapaian kompetensi dalam proses belajar di lembaga formal maupun secara mandiri.
  • Membantu tenaga profesi dalam memenuhi persyaratan regulasi.
  • Membantu pengakuan kompetensi lintas sektor dan lintas negara.
  • Membantu tenaga profesi dalam promosi profesinya dipasar tenaga kerja.

Bagi Industri

  • Membantu industri meyakinkan kepada kliennya bahwa jasanya telah dibuat oleh tenaga-tenaga yang kompeten.
  • Membantu industri dalam rekruitmen dan mengembangkan tenaga berbasis kompetensi guna meningkatkan efisensi pengembangan SDM khususnya dan efisiensi nasional pada umumnya.
  • Membantu industri dalam sistem pengembangan karir dan regenerasi tenaga berbasis kompetensi dan meningkatkan produktivitas.

Internet of Things (IoT)

merupakan suatu sistem terintegrasi untuk melakukan monitoring dan controlling suatu kondisi dengan komunikasi internet. Sistem IoT membutuhkan banyak keilmuan yang diperlukan untuk membentuknya. Bahkan biasanya dibutuhkan lebih dari satu engineer untuk menyelesaikan sistem IoT secara keseluruhan. SKKNI IoT ini sudah dapat dipelajari dan diikuti untuk mengetahui standar minimal kemampuan seorang IoT Engineer. Berikut ini merupakan hal yang perlu dipelajari untuk dapat menguasai sistem Internet of Things (IoT).

Rincian tiap unit kompetensi dapat dilihat di sini.

DOWNLOAD : SKKNI Internet of Things (IoT))

Sertifikasi Profesi IoT BNSP

Adapun berbagai skema Sertifikasi Profesi IoT BNSP Salah Satunya:

Skema Perekayasaan Perangkat Internet of Things (loT). 

Sertifikasi Profesi Perekayasaan Perangkat IoT BNSP

Pelatihan IoT dan Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi IoT BNSP

Kami Indobot Academy mengajak rekan-rekan untuk megikuti pelatihan IoT dan uji kompetensi untuk sertifikasi IoT secara Offline.

  • Pelaksanaan : 1 atau 3 hari pelatihan full day dari pagi hingga sore dan 1 hari sertifikasi
  • Pelatihan : Pelatihan ini berbasis SKKNI IoT 2020
  • Sertifikasi : Proses Sertifikasi dilakukan oleh Asesor