Robot Mulai Menyerang Industri Musik !, Mereka sudah membuat Album sendiri !


     Sahabat Indobot Sudah memiliki Album Sendiri ? , Kalau belum berarti kalah nih dengan robot yang satu ini , Hello World adalah album pertama di dunia yang dibuat oleh robot. Album yang memuat lagu-lagu, mulai dari yang bergenre tekno hingga Europop ini disebut kritikus BBC Culture, Alex Marshall, akan mengubah cara pandang kita soal kreativitas dan kecerdasan buatan.

     Benoît Carré adalah penulis lagu yang telah menggubah berbagai lirik dan musik untuk penyanyi-penyanyi besar Prancis, misalnya Johnny Halliday, Elvis-nya Prancis, dan Françoise Hardy. Dan bulan ini, musisi 47 tahun itu meluncurkan album hasil kolaborasinya dengan musisi yang mungkin siapapun tidak akan pernah duga.

     Musisi ini bukanlah penyanyi, bukan juga rapper, bahkan bukan manusia. Carré bekerja sama dengan Flow Machines, kecerdasan buatan paling canggih yang dapat menggubah musik.

     Jika melihat sedikit ke belakang, kecerdasan buatan memang sudah menancapkan taringnya di dunia musik. Bisa saja dalam waktu dekat, lagu-lagu yang kita sukai adalah buatan berbagai aplikasi dan teknologi komputer.

     Sejauh ini perusahaan start-up seperti Jukedeck, Amper Music dan Melodrive telah membuat kecerdasan buatan yang membuat penggunanya bisa memilih irama yang disuka seperti synth pop, musik elektronik dan sebagainya, lalu merangkainya, hanya dengan memijit tombol telepon pintar.

Baca Juga :

  1. Robot Bisa Melukis ?, Robot Membuat Lukisan Ini dan Lukiisannya Sangat, Sangat Bagus !
  2. Fakta Menarik Android Pie, OS Terbaru Milik Google setelah Oreo
  3. Keren ! ,Robot Terapi ini Mengajarkan Keterampilan Sosial kepada Anak-Anak yang Mengidap Autisme

“Yang saya tidak sabar menunggu adalah untuk mendengarkan musik cyborg: musik kombinasi buatan manusia dan robot,” ungkapnya. “Saya sangat yakin kalau kita bisa menggunakan robot untuk mendongkrak kreativitas kita: menciptakan melodi yang tidak bisa dibuat hanya oleh manusia atau robot.” seperti yang dikutip dari bbc.com

     Lalu kapan kira-kira musik gubahan kecerdasan buatan akan semakin ramai? Tidak ada yang tahu. Bahkan kita sendiri tidak tahu bagaimana masa depan Flow Machine. Yang jelas, pengembang utama Flow Machine, François Pachet, kini merupakan salah satu direktur di Spotify.

      Jadi, jika suatu saat playlist Spotify Anda memperdengarkan lagu-lagu yang terdengar janggal, Anda boleh curiga kalau lagu tersebut mungkin bukanlah buatan manusia.

Keren ya sahabat indobot ?, Jika sahabat indobot ingin membuat dan belajar membuat robot, jangan lupa untuk cek Instagram kita @indobot.co.id ya, banyak pilihan robot yang bisa sahabat indobot pilih untuk belajar membuat robot .


Like it? Share with your friends!

0