Pembacaan Tombol Anami V3 (part1)


Halo teman indobot…. ketemu lagi ya sama saya, eh enggak kayaknya belum pernah ketemu šŸ¤£.Pada tulisan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengakses tombol yang ada pada robot Anami V3. Kita akan bahas satu persatu dari dasar ya.

Sumber : eBayPush button atau tombol dapat dikatakan sebuah sensor tekanan sederhana. Push button ada 2 jenis, yaitu : Normaly Open dan Normaly Close. Normaly Open adalah sebuah tombol yang jika didiamkan tidak terhubung dan jika ditekan maka akan terhubung.

Baiklah, tombol pada Anami V3 menggunakan jenis Normaly open dan rangkaian aktif low, jadi jika tombol ditekan maka akan terhubung dengan GND atau logika 0. Berikut tabel logika tombol

Tombol Logika
Ditekan LOW
TIdak ditekan HIGH

Fungsi tombol adalah untuk memasukkan perintah melalui pencetan/tekanan. Bagiamana untuk membedakan antara ditekan dan tidak ditekan? Tentu harus ada logika yang berbeda dengan logika saat tombol ditekan (0) yaitu (1). Bagaimana memberikan logika 1 pada tombol saat tidak ditekan? Tentu membutuhkan resistor pullup menuju VCC.

Sumber : instructablesSumber : instructables

Namun jangan khawatir teman-teman. Pada IC Atmega 328 atau arduino uno sudah ada fitur pullup yang bisa kita panggil dengan pinMode INPUT_PULLUP.

simak program dan video berikut yuk..

 

#define tombol1 Ā  A0
#define tombol2 Ā  A1

void setup(){
pinMode(tombol1,INPUT_PULLUP);
pinMode(tombol2,INPUT_PULLUP);
Serial.begin(9600);
}

void loop(){
if(digitalRead(tombol1)==0)Serial.print(“tombol1 ditekan, “);
else Serial.print(“tombol1 tidak ditekan, “);
if(digitalRead(tombol2)==0)Serial.println(“tombol2 ditekan”);
else Serial.println(“tombol2 tidak ditekan”);
}

Tampilan list program pada Arduino IDE

Tampilan Serial monitor terhadap tombol

Nah simple kan teman teman. Selamat mencoba, simak videonya agar lebih mudah dalam percobaannya. Sampai jumpa pada part berikutnya.. Jangan lupa kunjungi postingan yang lain di web indobotĀ yaa…


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published.