Osiloskop Sederhana Menggunakan Arduino UNO


Halo Sahabat Indobot, mari kita lanjutkan kembali untuk belajar ardunio , pada kesempatan kali ini, kita akan belajar tentang membuat Osiloskop Sederhana Menggunakan Arduino UNO, nah untuk kalian yang belum tahu tentang dasar dasar pengetahuan pemograman, kalian bisa cek Postingan ini .

Kadang-kadang, maker perlu melihat bentuk gelombang dari tegangan yang dihasilkan maupun yang akan digunakan dari suatu proyek. Untuk menghasilkan tampilan tersebut, maker memerlukan sebuah alat yang bernama osiloskop. Dengan perangkat Osiloskop ini, maker dapat melihat proyeksi bentuk sinyal listrik dalam proyek yang sedang dikerjakannya. Namun, tidak semua maker memiliki perangkat osiloskop ini. Oleh karena itu, para maker dapat membuatnya dengan perangkat Arduino Uno

Dengan berbekal LCD TFT 2,4inch dan Arduino Uno, maker  dapat mengembangkan sebuah osiloskop sederhana. Prinsipnya sama dengan perangkat osiloskop sesungguhnya, para maker dapat melihat tampilan sebuah grafik yang menunjukan bentuk gelombang dari tegangan yang terhubung dengan pin A5.

PERSIAPAN

Tidak banyak yang perlu dipersiapkan dalam proyek membuat Osiloskop Sederhana Menggunakan Arduino UNO. Dari segi hardware, maker hanya perlu menyiapkan

  • Arduino Uno dan kabel data
  • LCD TFT 2,4″
  • Dua buah kabel jumper berbeda warna
  • sumber tegangan
  • solder
  • tenol
  • tang potong

Setelah alat-alat di atas tersedia, maker perlu membuat konektor untuk menghubungkan tegangan yang akan diuji dengan osiloskop sederhana yang akan dibuat. Potong dua buah kabel jumper yang telah dipersiapkan tersebut. Hubungkan masing-masing kabel pada pin LCD TFT 2,4” yang berhubungan dengan pin Analog 5 dan ground Arduino UNO.

sumber gambar : create.arduino.cc 

Setelah selesai menyambungnya, kemudian pasangkan LCD TFT 2,4” pada perangkat Arduino UNO. Colokan kabel data Arduino ke Komputer untuk memprogram perangkat tersebut.

sumber gambar : create.arduino.cc

Sedangkan dari segi software, maker perlu menyiapkan Arduino IDE,

 

UPLOAD PROGRAM

sumber gambar : create.arduino.cc

Buka file Arduino_Osiloskop.ino yang telah diunduh sebelumnya. Konfigurasi pengaturan board dan port yang digunakan Arduino UNO. Setelah selesai, klik tombol Upload (anak panah ke kanan) dan tunggu hingga prosesnya selesai.

AKHIR

Untuk menggunakan Osiloskop sederhana ini, maker dapat menghubungkan kutup positif dari tegangan yang akan diuji dengan kabel yang terhubung dengan pin A5. Sedangkan untuk kabel yang terhubung Ground dapat dihubungkan dengan kutup negatif/ground dari tegangan yang diuji. Yang terpenting dan perlu diingat, Osiloskop sederhana ini hanya mampu menguji tegangan searah atau DC.

Gimana Sahabat Indobot ?, apakah artikel ini menjawab kebingungan Sahabat Indobot dalam belajar ardunio ?, Tinggalkan komentarmu ya sahabat Indobot, jika ada pertanyaan .


Like it? Share with your friends!

0