Mengenal Jenis-Jenis Microcontroller Arduino


belajar arduino mega

     Nah, Sahabat Indobot pasti penasaran kan Apa saja jenis dari Microcontroller ardunio, ini merupakan hal penting jikalau sahabat indobot baru belajar untuk merakit robot sahabat Indobot sendiri, jika Sahabat Indobot belum tau apa itu ardunio , sahabat indobot bisa check di belajar ardunio untuk informasi lengkapnya.

Mari Mulai dari yang pertama

1. Arduino Uno. Jenis yang ini adalah yang paling banyak digunakan. Terutama untuk pemula sangat disarankan untuk menggunakan Arduino Uno.

sumber gambar: pixabay.com/Arduino Uno

2. Arduino Due. Nah yang kedua ini agak berbeda dengan saudaranya Sahabat Indobot, Arduino Due tidak menggunakan ATMEGA, melainkan dengan chip yang lebih tinggi ARM Cortex CPU. Memiliki 54 I/O pin digital dan 12 pin input analog ini board yang basic untuk belajar ardunio .

sumber gambar: commons.wikimedia.org/Arduino Due

3. Arduino Mega. Nah yang ini Mirip dengan Arduino Uno, dan sama-sama menggunakan USB type A to B untuk pemogramannya ni sahabat Indobot.

belajar arduino mega
sumber gambar: boloberry.com/Arduino Mega

4. Arduino Leonardo. Untuk yang ke empat ini sahabat indobot Bisa dibilang Leonardo adalah saudara kembar dari Uno. Dari mulai jumlah pin I/O digital dan pin input Analognya sama. Hanya pada Leonardo menggunakan Micro USB untuk pemogramannya.

sumber gambar: cdn.instructables.com/Arduino Leonardo

5. Arduino Fio. Untuk yang ke 5 ini sahabat indobot ,Bentuknya lebih unik, terutama untuk socketnya. Walau jumlah pin I/O digita\l dan input analognya sama dengan uno dan leonardo, tapi Fio memiliki Socket XBee. XBee membuat Fio dapat dipakai untuk keperluan projek yang berhubungan dengan wireless. sangat cocok untuk kamu yang sedang belajar ardunio .

sumber gambar: arduino.cc/ArduinoFio

Nah Sebenarnya masih ada 7 lagi sahabat indobot untuk jenis – jenis Microcontroller Arduino ini, maka dari itu jangan lupa bookmark alamat kami ya sahabat indobot . dan tunggu updatan dari kita untuk artikel belajar ardunio lainya .


Like it? Share with your friends!

0