Mengenal Jenis-Jenis Microcontroller Arduino Part #2


Halo Sahabat Indobot, kemarin kita telah membahas apa saja jenis – jenis dari Microcontroller Arduino  nah di Artikel lanjutan ini kita akan membahas jenis – jenis Microcontroller Arduino lainya, nah bagi kalian yang masih atau sedang mengenal arduino , kalian bisa mampir dulu ke artikel belajar ardunio untuk informasi lengkap tentang apa sebenarnya Ardunio itu sahabat Indobot !.

Nah, kita kemarin telah sampai pada Ardunio Fio kita lanjut ya sahabat Indobot …

6. Arduino Lilypad 

      Di Produk ini ya sahabat Indobot sebenarnya ada beberapa macamnya yaitu seperti: Lilypad Arduino USB, Lilypad Arduino Main Board, Lilypad Arduino Simple, dan Lilipad Arduino Simple Snap. Pada pembahasan poin ini ya sahabat Indobot kita  hanya membahas sedikit tentang Lilypad Arduino Main Board. Nah, Bentuknya yang melingkar membuat Lilypad dapat dipakai untuk membuat projek unik. Seperti membuat amor iron man misalkan. Hanya versi lamanya menggunakan ATMEGA168, tapi masih cukup untuk membuat satu projek keren. Dengan 14 pin I/O digital, dan 6 pin input analognya, nah ini sangat cocok bagi sahabat Indobot yang baru belajar ardunio.

sumber gambar: artofcircuits.com/arduino-lilypad

7. Arduino Nano

     Nah berbeda dari Jenis jenis microcontroler yang sebelemunya . Sepertinya namanya, Nano yang berukulan kecil dan sangat sederhana ini, menyimpan banyak fasilitas. Sudah dilengkapi dengan FTDI untuk pemograman lewat Micro USB. 14 Pin I/O Digital, dan 8 Pin input Analog (lebih banyak dari Uno). Dan ada yang menggunakan ATMEGA168, atau ATMEGA328.

sumber gambar:
diygeeks.org/shop/arduino-boards/arduino-nano/
8. Arduino Mini 

     Seperti namanya ya sahabat Indobot, Arduino ini berbentuk mungil, Fasilitasnya sama dengan yang dimiliki Nano. Hanya tidak dilengkapi dengan Micro USB untuk pemograman. Dan ukurannya hanya 30 mm x 18 mm saja.

Sumber Gambar : dx.com/p/arduino-pro-mini-microcontroller/

9. Arduino Micro

Arduino ini ya sahabat Indobot, Ukurannya lebih panjang dari Nano dan Mini. Karena memang fasilitasnya lebih banyak yaitu; memiliki 20 pin I/O digital dan 12 pin input analog.

sumber gambar : store.arduino.cc/usa/arduino-micro
10. Arduino Ethernet

Nah, arduino yang ini sudah dilengkapi dengan fasilitas ethernet. Membuat Arduino kamu dapat berhubungan melalui jaringan LAN pada komputer. Untuk fasilitas pada Pin I/O Digital dan Input Analognya sama dengan Uno , pas banget nih untuk yang baru belajar ardunio .

sumber gambar : sparkfun.com/products/11229
11. Arduino Esplora

Yang Selanjutnya ini Sahabat Indobot, sangat ditekomendasiin bagi kamu yang mau membuat gadget sepeti Smartphone, karena sudah dilengkapi dengan Joystick, button, dan sebagainya. Kamu hanya perlu tambahkan LCD, untuk lebih mempercantik Esplora.

sumber gambar : m.reichelt.de/arduino-esplora-atmega32u4
12. Arduino Robot

Cus, yang terakhir ini adalah paket komplit dari Arduino yang sudah berbentuk robot. Sudah dilengkapi dengan LCD, Speaker, Roda, Sensor Infrared, dan semua yang kamu butuhkan untuk robot sudah ada pada Arduino ini, pas banget buat kamu yang belajar ardunio dan ingin membuat robotmu sendiri.

Sumber Gambar : store.arduino.cc/usa/arduino-robot

Nah itu tadi Sahabat Indobot , untuk jenis – jenis Microcontroller Arduino ini, maka dari itu jangan lupa bookmark alamat kami ya sahabat indobot . dan tunggu updatan dari kita untuk artikel belajar ardunio lainya .


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published.