Membuat Project Ardiono Sederhana #1 LED BLINK (Kedip)

     Halo Sahabat Indobot , Nah sebagai pemula, setelah sahabat Indobot belajar ardunio  memilih proyek yang sederhana nah namun untuk proyek ini kita cukup membuka pengertian akan akses pin pada Arduino Uno Board , bagi sahabat Indobot yang belum tau macam – macam arduino itu ada apa saja bisa klik disini.

Nah pada topik ini , Led Blink, program akan mengakses pin 10 dan memerintahkan arduino untuk mengulang blink led. Dengan mengerjakan proyek ini, kita akan mempelajari beberapa dasar-dasar elektronik dan sketch programming Arduino. Bagi Sahabat Indobot yang belum tau dasar – dasar Pemograman Arduino bisa klik disini

Hal yang diperlukan

  • Breadboard
  • Led 5 mm
  • 100 ohm resistor

Skema

 

Smber : Galery Pribadi

 

Nah Mari mulai ya Sahabat Indobot, Warna kabel jumper tidak harus sesuai gambar, namun untuk kebiasaan yang baik, usahakn untuk positif gunakan warna merah, untuk ground gunakan hitam. Lubang pada breadboard pun tidak masalah, kita bisa memasang di lubang yang mana saja. Yang harus betul-betul diperhatikan adalah hubungan antar komponen dan pin pada arduino, harus sesuai gambar , Harus semangat ya untuk belajar ardunio .

 

Sketch

 

// Project 1 – LED Flasher

int ledPin = 10;

void setup() {

pinMode(ledPin, OUTPUT);

}

void loop() {

digitalWrite(ledPin, HIGH);

delay(1000);

digitalWrite(ledPin, LOW);

delay(1000);

}

Nah, setelah sketch diketik, tekan tombol verivy, bila tidak ada error, tekan tombol upload. (silakan lihat cara upload dan konek arduino uno dengan komputer).

 

Pembahasan Sketch

 

// Project 1 – LED Flasher

Yang Pertama ini Sahabat Indobot , adalah komentar baris yang berguna untuk dokumentasi program, kompiler akan mengabaikan bagian ini. Baris komentar berguna bagi programmer agar bisa mengerti maksud program.

 

int ledPin = 10;

Ini merupakan ,Inisialisasi variable, dalam hal ini inisialisasi variable bernama ledPin dengan type data integer dan nilai 10.

 

void setup() {

pinMode(ledPin, OUTPUT);

}

Setiap sketch arduino wajib memiliki fungsi setup() dan loop().  Fungsi setup() dipanggil hanya sekali saat pertama kali program berjalan. Fungsi setup() biasanya tempat untuk men-setup hal-hal umum agar program Anda siap dijalankan, seperti setup pin modes, setting serial baud rates, dan lainnya.

 

Pada sketch Led Blink, fungsi setup hanya memiliki 1 baris perintah yaitu

 

pinMode(ledPin, OUTPUT);

 

pinMode fungsi yang berguna untuk memberitahu arduino bahwa pin pada board akan digunakan sebagai input atau output.Dalam baris program diatas,  kita memberitahu arduino untuk menset pin 10 (nilai ledPin adalah 10) sebagai OUTPUT.

 

void loop() {

digitalWrite(ledPin, HIGH);

delay(1000);

digitalWrite(ledPin, LOW);

delay(1000);

}

 

Fungsi loop() function adalah program utama yang dipanggil secara continue selama arduino menyala (dialiri power). Setiap perintah dalam fungsi loop() akan dipanggil satu persatu sampai perintah terakhir dalam blok loop dicapai, lalu Arduino akan kembali ke awal perintah di blok fungsi loop(), sampai Arduino dimatikan atau tombol reset ditekan.

 

Jadi dalam proyek ini Arduino akan menyalakan led, menunggu selama 1 detik, lalu mematikan led, lalu menunggu 1 detik. Urutan perintah ini akan diulang terus menerus sampai arduino dimatikan atau direset.

Nah, itu dulu ya sahabat Indobot materi belajar ardunio untuk kali ini, eits tenang untuk pembahasan lengkapnya akan dibahas pada materi selanjutnya, makanya bookmark dulu website kita dan tunggu update an dari kita ya !

Jika kamu suka dengan artikel singkat ini, silahkan share ke teman-teman kamu atau jika kamu tertarik untuk menulis, kamu juga bisa memposting tulisan-tulisan menarikmu di website www.indobot.co.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *