Hari ini Indonesia sedang mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0. Pemerintah, industri, perguruan tinggi dan semua elemen masyarakat sedang di biasakan dengan teknologi-teknologi baru yang akan mendukung revolusi industri 4.0, ya bisa dilihat dengan adanya Covid-19 dan era new normal ini.

Di era revolusi 4.0, Indonesia dituntut untuk mampu menganalisis data untuk dan berkemampuan mengelola aplikasi berbasis internet, seperti Internet of Things (IoT) untuk manfaat di masa depan. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang “Apa itu Arduino dan IoT? Apakah Sama?”. Internet of Things merupakan sebuah konsep teknologi yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui sebuah jaringan tanpa memerlukan adanya interaksi manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer. 

Nah apakah Indonesia siap? Dilihat dari trend saat ini, banyak anak muda yang mulai tertarik di bidang Internet of Things dan juga big data analytics, dan hal ini jelas akan di perlukan di masa depan. Intinya kita semua harus fokus dengan tujuan besar Indonesia untuk mengambil peluang dan tantangan di Era Revolusi Industri 4.0.

Lalu apa peluangnya? Jelas, optimalisasi proses. Dengan bantuan internet of things, data yang masuk akan lebih banyak dan akan berakibat kepada proses yang lebih efisien. Hal ini dapat diterapkan disegala sektor ya? Tidak hanya industri, mungkin juga di pemerintahan, tata kelola kota, pendidikan dan sektor lainnya.

Jika ada peluang, pasti akan ada tantangan. Implementasi teknologi internet of things, akan memunculkan berbagai tantangan, seperti keamanan data serta privasi dan etika, kemungkinan peran robot akan lebih besar dari pada manusia dan juga mahalnya biaya yang dikeluarkan untuk mengimplementasikannya.

Internet of Things merupakan sebuah senjata yang harus kita gunakan secara bijaksana, karena revolusi industri 4.0 tidak akan mungkin terjadi jika internet of things tidak kita implementasikan. Jadi sudah siap untuk belajar internet of things mulai hari ini? Belajar bersama Indobot Academy dengan cara klik DAFTAR pada tombol di bawah!

Referensi : bakrie.ac.id, stei.itb.ac.id, medium.com dan researchgate.net

 

Tinggalkan Komentar