Masih asing dengan Internet of Things? Buat kamu yang baru mengenal apa itu Internet of Things, atau kamu yang pengen belajar tentang Internet of Things tapi bingung harus ngapain dan mulai dari mana. Nah, kami akan membantu kamu agar bisa belajar tentang Internet of Things secara perlahan dan tentunya sangat mudah. Sebelum kita belajar tentang IoT, kami akan memberitahukan kepada kamu tentang hal apa saja yang harus dipersiapkan. 

  1.   Motivasi

Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah motivasi. Umumnya motivasi kamu akan muncul dari lingkungan sekitar. Jika kamu senang atau hobi dalam mengoprek sesuatu mungkin kamu akan tetarik untuk belajar lebih lanjut tentang IoT dan ingin mengenal alat apa saja yang ada dalam dunia IoT.

Motivasi ini juga bisa terbentuk melalui teman-temanmu. Misalnya kamu dan teman-temanmu sama-sama membuat proyek IoT. Nah kalian bisa berkompetisi untuk membuat proyek yang lebih kreatif. Namun tentunya bersaing untuk memotivasi diri kamu dengan cara ini, tujuannya bukan untuk saling menjatuhkan ya.

  1.   Memahami dasar dan cara kerja Internet of Things

Setelah kamu memiliki motivasi dan niat yang besar, kamu juga harus memahami dasar-dasar IoT dan bagaimana cara kerjanya. Percuma juga kan kamu mempelajari sesuatu tapi tidak pernah mengerti bagaimana cara kerjanya.

Untuk dapat mengetahui dasar dan cara keja Internet of Things kamu bisa mencari di buku atau sumber apapun yang membahas tentang IoT. Lebih beruntung lagi jika kamu memiliki teman atau komunitas yang sudah jago tentang dunia Internet of Things, kamu bisa banyak sharing dengan mereka.

  1.   Sedikit biaya

Yang ketiga tentunya biaya, kamu pasti menduga biaya yang dibutuhkan banyak. Padahal faktanya tidaklah begitu. Biaya yang kamu keluarkan bisa disesuaikan dengan kemampuanmu. Misalnya kamu hanya mempunyai budget yang minim, maka kamu bisa membuat project- project sederhana terlebih dahulu.

Setelah kamu berhasil membuat project-project sederhana, kamu bisa mulai ke project-project yang lebih kompleks dengan biaya Rp 0,00. Memang bisa? Bisa dong, kamu bisa ikut Give Away dari Indobot Academy dan mendapatkan banyak hadiah yang bisa mendukung belajar IoT kamu. 

  1.   Mencari referensi dari berbagai sumber

Saat ini sudah banyak sekali sumber ilmu tentang IoT yang dapat kita akses, seperti buku, internet, guru kita, dan bahkan kamu bisa juga mengikuti kursus online maupun offline yang ada. Jangan sampai kamu hanya memanfaatkan satu sumber saja ya, semakin banyak sumber yang kita gunakan maka semakin banyak pula ilmu yang kita dapat.

 

Nah itu tadi adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum kita belajar tentang Internet of Things. Pada tahap awal pembelajaran tentunya hasil yang kita dapatkan belum akan maksimal. Untuk mencapai hasil yang maksimal, teruslah belajar dan jangan pernah menyerah.

Buat kamu yang masih kebingungan tentang IoT, kamu bisa cek dan belajar bareng kami di Kursus Online Internet of Things Indobot Academy dengan cara klik disini.

Referensi : teknojurnal.com, tutorialiot.com, tenologi.id

Tinggalkan Komentar