Workshop Internet of Things (IoT)

Belajar Dasar IoT, Platform IoT, dan Pemrograman Proyek IoT Tepat Guna. Pembelajaran Secara Online Dilengkapi Modul yang Bisa Didownload.
Indobot Academy · 27 Juni 2022

Teknis Belajar :

Pembelajaran dengan sistem full online. Sudah tersedia video tutorial dan modul pelengkapnya untuk Anda tonton. Silahkan pelajari dan akses darimana saja, kapan saja. Insyaa Allah, bila ada materi yang update akan otomatis tayang materinya disini.

Di dalam kelas ini, Anda belajar melalui :

  1. Video pembelajaran
  2. Software pendukung
  3. Modul pelengkap (pdf)
  4. Forum Diskusi Forum Diskusi

Penjelasan Materi :

Dasar IoT

Pertama, dalam workshop ini, kamu akan belajar tentang dasar Internet of Things (IoT), yang mencakup pemahaman konsep, teknologi, dan aplikasi yang mendasari ekosistem IoT. Workshop ini berfungsi untuk memberikan peserta pemahaman yang kokoh tentang bagaimana perangkat-perangkat dapat terhubung, berkomunikasi, dan berinteraksi dalam suatu jaringan yang terkoneksi.

Mikrokontroller Wemos D1

Dalam Workshop Internet of Things (IoT) ini, peserta akan mendalami pengetahuan tentang mikrokontroler dengan fokus pada Wemos D1. Wemos D1 merupakan mikrokontroler berbasis ESP8266 yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi IoT dengan mudah. Workshop akan mencakup berbagai aspek terkait Wemos D1, termasuk konfigurasi awal, pemrograman menggunakan Arduino IDE, dan penerapan dasar proyek-proyek IoT.

Peserta akan memahami cara menghubungkan dan mengatur Wemos D1 untuk berkomunikasi dengan berbagai sensor dan aktuator. Workshop ini juga akan membahas penggunaan pin GPIO pada Wemos D1, serta cara mengintegrasikan berbagai perangkat keras eksternal, seperti sensor suhu, sensor kelembaban, atau modul relay.

Selain itu, peserta akan mengenal pada pemrograman Wemos D1 menggunakan Arduino IDE, termasuk pembuatan sketsa (sketch) sederhana untuk mengendalikan perangkat keras. Workshop ini akan memberikan pemahaman tentang bahasa pemrograman yang umum di gunakan dalam konteks mikrokontroler, serta cara mengelola kode dan mengunggahnya ke Wemos D1.

Integrasi Device dengan Platform IoT

Integrasi device platform adalah proses esensial dalam pengembangan solusi Internet of Things (IoT) yang efektif dan terpadu. Dalam konteks ini, integrasi merujuk pada penyatuan perangkat keras dengan platform perangkat lunak agar dapat berkomunikasi secara sinergis. Pemilihan protokol komunikasi yang tepat menjadi landasan utama, memastikan bahwa perangkat dapat berinteraksi melalui standar yang diakui industri. Konektivitas yang efisien, baik melalui Wi-Fi, Bluetooth, atau teknologi lainnya, juga menjadi fokus untuk memfasilitasi aliran data yang lancar antara perangkat dan platform. Interoperabilitas adalah kunci, memungkinkan perangkat berkomunikasi dengan berbagai platform tanpa batasan tertentu.

Keamanan perangkat dan data menjadi aspek kritis dalam integrasi, dengan implementasi enkripsi, otentikasi perangkat, dan manajemen akses yang diperlukan untuk melindungi privasi pengguna. Manajemen perangkat yang efektif, pemantauan kesehatan perangkat, dan konfigurasi yang mudah juga menjadi fokus, memudahkan pengguna atau administrator dalam mengelola perangkat. Integrasi dengan layanan cloud dan penyediaan antarmuka pengguna yang intuitif melengkapi proses ini, memungkinkan analisis data dan manajemen yang optimal. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, integrasi device platform menciptakan fondasi kokoh untuk ekosistem IoT yang handal dan responsif terhadap kebutuhan pengguna.

 

 

+103 enrolled
Not Enrolled

Course Includes

  • 25 Lessons

Ratings and Reviews

5.0
Avg. Rating
2 Ratings
5
2
4
0
3
0
2
0
1
0
What's your experience? We'd love to know!
Mudhita Triari
Posted 3 bulan ago
pembelajaran yang menarik

Banyak ilmu yang didapat dengan mengikuti kelas ini

×
Preview Image
Towip
Posted 2 tahun ago
Review Workshop IoT

Materi nya lengkap, penjelasannya runut dan praktiknya dibimbing dengan sabar oleh instrukturnya. Bravo Indobot..Sukses selalu untuk Kita semua

×
Preview Image
Show more reviews
What's your experience? We'd love to know!

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Materi nya lengkap, penjelasannya runut dan praktiknya dibimbing dengan sabar oleh instrukturnya. Bravo Indobot..Sukses selalu untuk Kita semua

whatsapp whatsapp