Kelas Internet of Things (IoT) DTS PROA Batch 4

Indobot Academy · 5 September 2022

Kelas Internet of Things (IoT) DTS PROA Batch 4 merupakan salah satu program beasiswa Indobot Academy bersama Digitalent Kominfo RI bagi para pekerja atau profesional Program Digital Talent Scholarship (DTS) adalah program pelatihan pengembangan kompetensi yang telah diberikan kepada talenta digital Indonesia sejak tahun 2018. Program Digital Talent Scholarship tahun 2021 didesain untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran pentahelix (pemerintah, komunitas/masyarakat, institusi pendidikan tinggi, dunia usaha, dan media) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.

Kelas Internet of Things (IoT) melalui program Digital Talent Scholarship bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing, produktivitas, profesionalisme SDM. Terutama di bidang teknologi informasi dan komunikasi bagi angkatan kerja muda Indonesia, masyarakat umum, dan aparatur sipil negara.

  • Apabila Anda merupakan pengguna baru, kemudian bisa langsung klik “Login to Enroll” untuk login atau mendaftar jika belum mempunyai akun.
  • Apabila sudah mempunyai akun, setelah login klik “Beli Sekarang!” untuk enroll kelas.
  • Setelah masuk ke beranda Internet of Things (IoT) DTS PROA Batch 4, kemudian bisa langsung klik “Start Course” untuk mengakses materi dan video pembelajaran.

Internet of Things

Revolusi Industri 4.0 adalah fenomena transformasi pada sektor industri yang di dorong oleh Internet of Things (IoT). Serta kecerdasan buatan (AI), big data, dan teknologi terkait lainnya. Revolusi ini mendorong terciptanya sistem produksi yang lebih efisien, adaptif, dan terhubung secara digital. Salah satu pilar utama dalam Revolusi Industri 4.0 adalah arsitektur Internet of Things (IoT).

Arsitektur IoT mencakup infrastruktur teknologi yang mendukung konektivitas dan interaksi antara perangkat fisik dan sistem informasi. Kemudian dalam konteks Revolusi Industri 4.0, arsitektur IoT memainkan peran penting dalam membentuk sistem yang terintegrasi dan mampu memberikan informasi secara real-time.

Contoh Implementasi IoT

Manufaktur Otomatis: Pabrik cerdas yang menggunakan sensor pada mesin-mesin produksi untuk mengumpulkan data operasional secara real-time. Data ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses produksi, memantau kesehatan mesin, dan mengurangi waktu henti produksi.

Pertama, Logistik dan Rantai Pasokan: Sistem pelacakan menggunakan sensor IoT pada barang atau kendaraan untuk memberikan visibilitas penuh pada rantai pasokan. Hal ini memungkinkan pemantauan real-time terhadap lokasi dan kondisi barang, meningkatkan efisiensi pengiriman dan manajemen persediaan.

Kedua, Kota Cerdas (Smart Cities): Implementasi sensor dan perangkat IoT di seluruh kota untuk mengumpulkan data. Contohnya lalu lintas, keamanan, manajemen limbah, dan utilitas publik. Data ini di gunakan untuk meningkatkan pengelolaan kota dan memberikan layanan yang lebih baik kepada penduduk.

Ketiga, Pertanian Pintar (Smart Farming): Penggunaan sensor pada ladang untuk memantau kondisi tanah, cuaca, dan pertumbuhan tanaman. Data ini membantu petani membuat keputusan yang lebih baik dalam manajemen tanaman, irigasi, dan pemeliharaan lahan.

Course Content

Pendahuluan

Mulai Belajar
1 of 2
+803 enrolled
Not Enrolled
This course is currently closed

Course Includes

  • 24 Lessons

Ratings and Reviews

5.0
Avg. Rating
46 Ratings
5
45
4
1
3
0
2
0
1
0
What's your experience? We'd love to know!
wibowo joko nuryanto
Posted 4 bulan ago
module

good materi course

×
Preview Image
Mudjahidin Dg. Mulisa
Posted 6 bulan ago
Materi baru

pemateri yang ramah

×
Preview Image
suhaedi
Posted 7 bulan ago
keren

terbaik

×
Preview Image
donyhendra
Posted 10 bulan ago
realy exited

thankyou

×
Preview Image
Afnan Ibnu Raharjo
Posted 1 tahun ago
5 dapat hikmah dari sejarah 4 belajar hal yang baru

3 tugas banyak 2 kuota sekarat 1 ilmu tak dapat

×
Preview Image
Muhammad Anshari
Posted 1 tahun ago
GG

lumayan bnyak materinya

×
Preview Image
UMMU HANDASAH
Posted 1 tahun ago
Good!

Best!

×
Preview Image
Dwi Hartanto
Posted 1 tahun ago
Mantap

materinya berisi dan bermanfaat

×
Preview Image
Pradana Yoga
Posted 1 tahun ago
Luar Biasa!

Selama belajar IoT saya dibantu oleh instruktur yang kompeten dan bisa membantu saya sampai akhir

×
Preview Image
Sufajar Butsianto
Posted 1 tahun ago
kelas yang menyenangkan

mantap materinya

×
Preview Image
Show more reviews
What's your experience? We'd love to know!

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Saya bersyukur dapat kesempatan mengikuti pelatihan IOT ini. Materi yang diberikan sangat up-to-date. Pemateri juga sangat menguasai materi dan menyampaikan dengan nyaman, sehingga kegiatan berlangsung sangat lancar dan asyik untuk diikuti.

  2. Digitalent Kominfo dan Indobot Academy memang TOP, dan tetap selalu menjadi media pembelajaran yang bermanfaat sekaligus Menyenangkan. Terimakasih Pak Prakoso Selaku mentor Kelas IOT4-4 atas segala Ilmu yang diberikan.

  3. Terimakasih kepada mentor yang telah memberikan ilmu IOT yang luar biasa dan terimaksih juga ke pada Kominfo dan Indobot, semoga pelatihan seperti ini tetap bisa dilaksanakn setiap tahun. Semoga juga suatu saat Pemerintah Indonesia bisa memiliki server cloud negara yg bisa digunakan oleh semua pihak dalam implementasikan IOT yang dapat dipakai secara gratis ataupun dengan biaya yang sangat murah sehingga bisa mendukung kemajuan IOT di Indonesia.

  4. Saya berterima kasih telah Indobot baik trainer maupun peserta yang sangat antusias untuk mengikuti pelatihan Internet of Things (IoT) yang dilaksanakan secara gratis untuk peserta yang menerima pelatihan ini. Untuk pelatihan ini mencakup dasar-dasar pemrograman dari sistem IoT dan penggunaan sensor yang seri dijumpai oleh masyarakat. Semoga ilmu yang diberikan dapat amanah kedepannya.

  5. Pelatihan Yang sangat bermanfaat untuk saya yang awam sekalipun untuk IOT…. Bravo Indobot Academy..sukses selalu mewarnai serta memajukan pendidikan khusus Teknologi berbasis IOT di Indonesia dan dunia Industri

  6. Indobot Academy selalu di hati, karena di hati ini hanya ada IoT…
    Berpacu dalam teknologi, mengumpulkan niat segenap hati…
    Mulailah untuk diri sendiri, hingga bisa bermanfaat di suatu hari nanti….
    Terus-teruslah mengejar mimpi, walaupun dunia tak bersahabat lagi….

    *Terima kasih*

whatsapp whatsapp