Cara Mudah Menambahkan Library Pada Arduino IDE

Library adalah kumpulan kode yang telah dikumpulkan untuk mempermudah kita saat menggunakan suatu fungsi sehingga suatu fungsi yang rumit akan terasa mudah. Ada ratusan Library Arduino yang tersedia di Internet yang bisa kita gunakan. Baik itu Library bawaan Arduino IDE ataupun Library yang dibuat sendiri oleh komunitas atau perorangan seperti Adafruit ataupun library yang berceceran di GitHub. Nah, Untuk menggunakan Library tambahan, Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu.

Cara Mudah Menambahkan Library :

1. Dari Manager Library
Untuk menginstal sebuah Library baru ke dalam IDE Arduino Anda, Anda dapat menggunakan Library Manager (tersedia sejak Arduino IDE versi 1.6.2). Buka Arduino IDE dan klik ke menu “Sketch” dan kemudian Include Libary > Manage Libraries
Kemudian Sketch Manager akan terbuka dan Anda akan menemukan daftar Library yang sudah terpasang ataupun Library baru yang siap untuk di instalasi. Dalam contoh ini kita akan menginstal library Bridge. Gulir daftar untuk menemukannya, lalu pilih versi Library yang ingin Anda instal. ( beberapa Library terkadang hanya ada satu versi Library yang tersedia)

Langkah selanjtnya adalah klik instal dan tunggu IDE untuk menginstal library baru. Setelah selesai, sebuah tag Installed akan muncul di sebelah Library Bridge. Setelah terinstal, sekarang kita dapat menemukan Library baru yang tersedia di menu Include Library.

2. Import file library .zip yang telah di download
Terkadang Library yang ingin kita gunakan pada projek kita tidak tersedia dalam Sketch Manager atau library hasil buatan seseorang banyak dan sering yang didistribusikan sebagai file ZIP atau folder sehingga dapat kita unduh di GitHub biasanya didalam file zip biasanya akan terisi file .cpp ,file .h, Folder contoh Skecth, dan file lainnya yang dibutuhkan oleh Library yang akan di gunakan
Langkah pertama jangan unzip atau extract file yang telah di download seperti biasanya saat mendownload file .zip. Di Arduino IDE, Masuk ke Menu Sketch> Include Library di bagian atas daftar drop-down, pilih opsi “Add .ZIP Library ”.
Anda akan diminta untuk memilih Library yang ingin Anda tambahkan. klik add .ZIP library, lalu cari file ZIP yang ingi anda instal.

Kembali ke menu Sketch > Include Library. Nah, Kalian akan melihat Library Baru di bagian bawah menu drop-down. klik Library tersebut untuk memasukakanya ke dalam Sketch coding kalian.

3. Manual Installasi

Bila Anda ingin menambahkan Library secara manual, Anda perlu mendownloadnya sebagai file ZIP, lalu extrack file tersebut. (Klik Kanan pada File ZIP lalu pilih extract to “nama file”), setelh folder hasil extrakan tersedia, selanjutnya kita harus memasukannya kedalam folder di C:UsersNamaPCDocumentsArduinolibraries.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *