CARA CHARGING BATERAI LI-ION


Haii teman-teman Indobot…

Pasti dari kalian ada yang belum tau cara charging baterai Li-Ion nya Anami Robot, kan???

Tenang, kali ini tim Indobot akan posting tentang cara charging baterai Li-Ion dengan benar. Perhatikan step-stepnya dan jauhkan dari benda berbahaya seperti api, panas, air, dan juga sinar matahari langsung..

1. Siapkan peralatan terlebih dahulu, yaitu 2 pcs baterai yang akan diisi, charger baterai, dan juga stop kontak

2. Masukkan kedua baterai ke dalam chargernya. Sesuaikan polaritas baterai dengan polaritas charger. Kutub + baterai pasangkan dengan kutub + charger, dan kutub negatif baterai pasangkan dengan kutub – charger.

3. Baterai yang masih bagus, jika dimasukkan ke dalam charger indikator akan berwarna hijau

4. Kemudian hubungkan charger baterai yang telah diisi baterai tersebut ke stop kontak. Indikator akan berubah menjadi merah yang berarti bahwa charger sedang mengisi baterai. 

5. Tunggu sampai penuh atau indikator berubah menjadi hijau. Nahh just info nih buat kalian, baterai jenis Li-ion ini tegangan normalnya adalah 3,7 volt dan tegangan maksimalnya 4,2 volt. Kalau baterai kalian dipakai untuk menyalakan LCD tapi redup, bisa jadi kalau baterai kalian sudah rusak dan harus ganti yang baru.

6. Bila indikator sudah berubah menjadi warna hijau, baterai telah terisi penuh. Segera cabut baterai dari charger. Simpan baterai pada suhu antara 0-45°C. 

Catatan: Jangan buang baterai sembarangan karena bisa menyebabkan ledakkan. Sebaiknya kubur dalam tanah apabila ingin membuangnya.

Bagaimana? mudah bukan?

Jika anda ingin mencari tutorial lainya secara gratis bisa cek disini!

Jika kalian membutuhkan ebook bisa download gratis disini!

Jika anda masih kesulitan dalam belajar Arduino bisa baca artikel Cara Belajar Arduino untuk Pemula

Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di kolom komentar dan juga  share postingan ini ke teman-teman kalian ya. Sampai jumpa di Artikel berikutnya ya…


Like it? Share with your friends!

0