Blog

Buat Melodimu Sendiri dengan Buzzer Arduino UNO

Hallo IoTA pada kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat melodi dengan buzzer Arduino UNO. Tapi sebelum masuk ke materi, apasih sebenarnya Buzzer itu, jadi Buzzer adalah sebuah komponen elektronika yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi getaran suara. Pada umumnya, Buzzer yang merupakan sebuah perangkat audio ini sering digunakan pada rangkaian anti-maling, Alarm pada Jam Tangan, Bel Rumah, peringatan mundur pada Truk dan perangkat peringatan bahaya lainnya. Kali ini kita akan membuat melody dengan buzzer.

GB.Bentuk Fisik Buzzer

(Sumber: https://www.addicore.com)

Spesifikasi

Menggunakan efek Piezoelectric untuk menghasilkan suara atau bunyinya
Mengubah energi listrik menjadi energi suara.
Menghasilkan frekuensi di range kisaran antara 1 – 5 kHz hingga 100 kHz yang diaplikasikan ke Ultrasound.
Tegangan operasinal piezoelectric pada umumnya yaitu berkisar antara 3Vdc hingga 12Vdc.

1.           Alat dan Bahan

Dalam pelaksanaan praktik pada tutorial kali ini kalian harus menyiapkan beberapa Peralatan beserta bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah peralatan dan Bahan yang di butuhkan :

  1. Komputer yang terinstal Arduino IDE      1 unit
  2. Arduino UNO R3 & Kabel USB                   1 buah
  3. Buzzer                                                               1 buah
  4. Kabel Penghubung                                         Secukupnya

2.        Gambar Rangkaian

Setelah seluruh  komponen tersedia maka tahap selanjutnya adalah membuat rangkaian seperti pada gambar dibawah ini :

Keterangan :

  1. Kaki Buzzer positif dihubungkan pada pin 9
  2. Kaki Buzzer negatif dihubungkan pada pin GND

3.    Program

Jika tahap membuat rangkaian telah selesai maka tahap selanjutnya adalah memprogram. Kalian bisa mengunduh programnya dibawah ya…

  • Program Melody Buzzer

4.    Hasil

Jika kalian telah selesai mengupload maka hasilnya Buzzer akan berbunyi, untuk bunyi yang pertama yaitu SOL selama 5 detik, MI selama 5 detik, SOL selama 5 detik, DOO selama 1 menit, lalu diam, lanjut bunyi kedua, SOL selama 5 detik, DOO selama 5 detik, SOL selama 5 detik, FA selama 5 detik, MI selama 5 detik dan RE selama 1 menit,dan diam selama 5 detik, lalu bunyi yang ketiga, FA selama 5 detik, RE selama 5 detik, FA selama 5 detik, LA selama 5 detik, SOL selama 5 detik, DO selama 5 detik, MI selama 5 detik, RE selama 5 detik dan DO selama 1 menit, kemudian Diam selama 5 detik,untuk bunyi yang keempat yaitu SOL berbunyi selama 5 detik, MI selama 1 menit, SOL selama 1 menit,  kemudian diam 5 detik,Lalu bunyi yang ke 5 yaitu, SOL selama 5 detik, DOO selama 5 detik, SOL selama 5 detik, FA selama 5 detik, MI selama 5 detik, RE selama 1 menit dan kemudian diam selama 5 detik,Lanjut bunyi yang terakhir, FA selama 5 detik, RE selama 1 menit, FA selama 1 menit, LA selama 1 menit, SOL selama 5 detik, DO selama 5 detik, MI selama 5 menit, RE selama 5 detik, DO selama 1 detik dan kemudian diam selama 5 detik.

Sampai disini cara mudah membuat melodi dengan Buzzer Arduino UNO. Selamat mencoba, sampai jumpa diturorial berikunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *