Software yang Akan Digunakan Dalam Program Pelatihan IoT dari Indobot dan DTS Kominfo Batch 2

software program pelatihan iot indobot DTS

Software yang Akan Digunakan Dalam Program Pelatihan IoT – Hai Fanbot, apakabar? Sudah daftar program pelatihan IoT dari Indobot Academy dan Digital Talent Scholarship Kominfo? Sudah bersiap juga untuk mengikuti seleksi substansi? Untuk tau langkah-langkah seleksi substansi, Fanbot bisa lihat artikel Bagaimana Langkah-Langkah untuk Seleksi Substansi Program Pelatihan IoT Gratis dari Indobot dan DTS Kominfo ya..

Program pelatihan ini akan dil aksanakan secara online melalui zoom meeting dan LMS Indobot Academy yaitu di website indobot.co.id. Dil aksanakan selama 36 kali pertemuan dari bulan Mei hingga Agustus 2022, pelatihan online ini akan menggunakan beberapa software IoT sebagai pendukung pembelajaran.

Software Program Pelatihan IoT Indobot

Lalu software apa saja yang kita butuhkan untuk dapat mengikuti pelatihan IoT ini? Berikut adalah list softwarenya.

Simulator yang di gunakan:

Wokwi Arduino and ESP32 Simulator

Adalah simulator elektronik online, Fanbot dapat menggunakannya untuk mensimulasikan Arduino, ESP32, dan banyak papan, suku cadang, dan sensor populer lainnya. Wokwi memiliki beberapa fitur diantaranya :

  • WiFi simulation – Menghubungkan proyek simulasi ke internet. Fanbot dapat menggunakan MQTT, HTTP, NTP, dan banyak protokol jaringan lainnya.
  • Virtual Logic Analyzer – Menangkap sinyal digital dalam simulasi Fanbot (misalnya UART, I2C, SPI) dan menganalisisnya di komputer.
  • Advanced debugging with GDB – Debugger Arduino dan Raspberry Pi Pico yang tangguh untuk pengguna tingkat lanjut.
  • SD card simulation – Simpan dan ambil file maupun direktori dari kode Fanbot. Club member juga dapat mengunggah file biner.

Tinkercad Circuits

Tinkercad adalah kumpulan software online yang membantu Fanbot untuk berpikir, berkreasi, dan membuat rangkaian elektronik Fanbot.

Platform yang di gunakan:

Thingspeak

Adalah suatu platform website yang biasanya di gunakan untuk suatu project dengan sistem Internet of Things (IoT). Thingspeak dapat di gunakan secara open source untuk menjalankan aplikasi dan API. Data yang masuk pada Thingspeak juga dapat disimpan dan di ambil dengan berbagai perangkat menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) melalui koneksi internet atau LAN (Local Area Network). Sebagai platform cloud memungkinkan kita untuk melakukan monitoring dan controlling seperti layaknya sistem IoT. Thingspeak dapat menerima data dan dapat menampilkan data untuk di kirimkan ke device atau interface lainnya. Thingspeak memiliki beberapa fitur  yang dapat di gunakan seperti Open API, realtime data collection, Geolocation Data, Data Processing, Data Visualizations, Device Status message, dan Plugins.

Antares

ANTARES merupakan sebuah Horizontal IoT Platform, yang berarti kami mencoba untuk menjadikan layanan kami se-umum mungkin agar solusi vertikal IoT anda dapat menyesuaikan dengan arsitektur yang umumnya di gunakan. Banyak kasus-kasus IoT yang dapat di pecahkan dengan menggunakan layanan kami, contohnya adalah smart home, smart metering, asset tracking, smart building, dan lain-lain.

Mosquitto

Mosquitt adalah sebuah broker MQTT open source. Protokol MQTT menyediakan metode ringan untuk melakukan pengiriman pesan menggunakan model publish/subscribe. Ini membuatnya cocok untuk pesan Internet of Things seperti dengan sensor daya rendah atau perangkat seluler seperti telepon, komputer tertanam, atau mikrokontroler.

Thingsboard

Adalah platform IoT open-source untuk mengumpulkan data, pemrosesan, visualisasi data, dan manajemen perangkat device. ThingsBoard memungkinkan konektivitas perangkat melalui protokol IoT standar industri – MQTT, CoAP, dan HTTP dan mendukung penyebaran cloud dan lokal.

Itu tadi adalah software-software yang akan Fanbot gunakan dalam program pelatihan IoT dari Indobot dan DTS Kominfo. Nah jika Fanbot mengalami kendala dalam pendaftaran, Fanbot bisa bertanya melalui Forum Discord Indobot Academy disini. Selamat mencoba dan segera daftarkan dirimu, karena registrasi hanya akan di buka sampai tanggal 8 Mei 2022.

Itulah pembahasan tentang Software yang Akan Digunakan Dalam Program Pelatihan IoT.

DAFTAR : https://indobot.co.id/digitalent

Jangan sampai kelewatan ya!

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

whatsapprakhmi