Sensor Infrared adalah komponen elektronika yang dapat mendeteksi benda ketika cahaya infra merah terhalangi oleh benda. Sensor infared terdiri dari led infrared sebagai pemancar dan foto transistor, fotodioda atau inframerah sebagai penerimannya. Sensor infrared dapat diaplikasikan sebagai sensor utama dari suatu alat, salah satunya sebagai penghitung skor dalam permainan bola basket yang ada di game canter mall (timezone).
1. Alat / Bahan
- Arduino IDE Download disini
- Library: LiquidCrystal_I2C Download disini
- Arduino UNO 1 Buah
- Sensor IR obstacle 1 Buah
- Button 1 Buah
- Project Board 1 Buah
- Kabel Jumper Secukupnya
- Resistor 470 Ohm 1 buah
Untuk mendapatkan komponen elektronik di atas silahkan temukan disini.
2. Skema Rangkaian
Gambar Rangkaian Penghitung Skor Permainan Bola Basket Game Center di Mall
Keterangan:
- 5V – VCC IR obstacle, VCC I2C
- GND – GND IR obstacle, GND I2C, GND Button
- D3 – Pin Data IR obstacle
- D8 – Pin Data Button
- SDA – SDA I2C
- SCL – SCL I2C
- Pin I2C – Pin LCD
3. Langkah Kerja
- Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
- Lakukan proses wiring dengan menggunakan Gambar skematik rangkaian diatas
- Buka software Arduino IDE yang telah terinstal pada laptop/komputer
- Unduh semua library di atas dan masukkan libray tersebut dengan cara buka Arduino IDE pilih Sketch->Include Library->Add.Zip Library
- Ketikkan sketch program pada halaman Arduino IDE
- Masukan alamat I2C LCD pada sketch program, untuk mengetahui alamat I2C pelajari materi berikut:
Mencari Tahu Alamat I2C Pada Modul I2C - Lakukan proses uploading program
4. Sketch Program
Dapatkan puluhan ebook gratis dengan registrasi melalui tombol di bawah!
/* Program Penghitung Skor Permainan Bola Basket Game Center di Mall */ #include <LiquidCrystal_I2C.h> //Library LCD I2C LiquidCrystal_I2C lcd(0x27,16,2); //Alamat I2C #define sensor 2 //Sensor pada pin D2 #define button 8 int nilai_sensor; bool bola = false; int skor = 0; //Variabel penghitung bola void setup() { lcd.init (); //Nyalakan LCD lcd.setBacklight(HIGH); //Nyalakan backlight pinMode(sensor, INPUT); //Setting sensor sebagai input pinMode(button, INPUT_PULLUP); //Setting button sebagai input pullup } void loop() { nilai_sensor = digitalRead(sensor); //Baca sensor if(nilai_sensor == LOW && bola){ //Jika mendeteksi bola, maka skor++; //Skor tambah 1 bola = false; } else if(nilai_sensor == HIGH && !bola){ bola = true; } if(digitalRead(button) == LOW){ //Jika tombol reset ditekan, maka skor = 0; //Skor kembali 0 lcd.clear(); delay(200); } lcd.setCursor(0,0); lcd.print(">>Skor<<"); lcd.setCursor(0,1); lcd.print(skor); //Tampilan skor }
Kesimpulan:
Alat ini berhasil bekarja ketika, sensor yang ditempatkan di keranjang atau ring basket mulai mendeteksi bola yang masuk, apabila bola melewati ring maka sensor akan mendeteksi lalu menampilkan hasil deteksi pada layar lcd. Bila kita ingin memulai ulang perhitungan pada ring basket, cukup tekan tombol reset yang sudah diatur.
Bikin project tanpa ribet beli komponen sana-sini? Starter Kit Arduino/IoT bisa jadi solusi mu!