Cahaya merupakan salah satu faktor penting dalam budidaya tanaman. Kali ini kita akan membuat alat yang dapat mengendalikan cahaya untuk tanaman melalui smartphone.
[membership level=”0,1,2,4″]
1. Alat / Bahan
- Arduino IDE Download disini
- Library: Blynk Download disini
- Library: ESP8266 Download disini
- NodeMCU ESP8266 1 Buah
- Sensor LDR 1 Buah
- Resistor 10K 1 Buah
- Relay 1 Channel 1 Buah
- Lampu 220V 1 Buah
- Project Board 1 Buah
- Kabel Jumper Secukupnya
- Smartphone 1 Buah
Untuk mendapatkan komponen elektronik di atas silahkan temukan disini.
2. Skema Rangkaian
Gambar Rangkaian Pengendali Cahaya untuk Tanaman dengan Smartphone
Keterangan:
- 5V – VCC Relay, VCC LDR
- GND – GND Relay
- GND – Resistor 220 ohm
- A0 – Resistor 220 ohm – Katoda LDR
- D4 – Pin Data Relay
- (+) 220V AC – NO Relay
- (-) 220V AC – GND Lampu
- Com Relay – VCC lampu
[/membership]
3. Layout Blynk
Keterangan:
- Notifikasi
- (Level V)
- Input V0, Low = 0, High = 1000
- Show Value = OFF
- Cahaya (Labeled Value)
- Input V0, Low = 0, High = 9999
- Label = /pin./ Lux
- Lampu (Button)
- Output D4, Low = 1, High = 0
- Mode = Switch
4. Langkah Kerja
- Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
- Lakukan proses wiring dengan menggunakan Gambar skematik rangkaian diatas
- Buka software Arduino IDE yang telah terinstal pada laptop/komputer
- Unduh semua library di atas dan masukkan libray tersebut dengan cara buka Arduino IDE pilih Sketch->Include Library->Add.Zip Library
- Ketikkan sketch program pada halaman Arduino IDE
- Sesuaikan Auth Tokens dengan proyek aplikasi Blynk. Cara setting dan mendapatkan Auth Tokens dapat dilihat pada tutorial berikut:
Setting Blynk untuk NodeMCU ESP8266 - Ganti ssid dan pass dengan nama wifi dan password wifi yang kalian gunakan
- Lakukan proses uploading program
- Buka aplikasi Blynk
- Buat layout Blynk seperti gambar di atas.
- Tekan tombol Play pada aplikasi Blynk lalu tunggu hingga proyek kalian terhubung dengan aplikasi Blynk
5. Sketch Program
Belajar elektronika step by step dengan bantuan tangga belajar? Regitrasi dulu dan dapatkan konsultasi dari kami!
/* Program Pengendali Cahaya untuk Tanaman dengan Smartphone dibuat oleh Indobot */ #include <ESP8266WiFi.h> //Library ESP8266 #include <BlynkSimpleEsp8266.h> //Library Blynk char auth[] = "HoP9z23_PbWp-iEyMBYFGnnALYBvvcXS"; //Token char ssid[] = "Wifi.id"; //Nama wifi char pass[] = "alam oye"; //Password wifi BlynkTimer timer; #define LDR A0 //LDR pada pin A0 #define MAX_ADC_READING 1023 #define ADC_REF_VOLTAGE 5.0 #define REF_RESISTANCE 10000 #define LUX_CALC_SCALAR 125235178.3654270 #define LUX_CALC_EXPONENT -1.604568157 int ldrRawData; float resistorVoltage, ldrVoltage; float ldrResistance; float ldrLux; unsigned long TSekarang; unsigned long TAkhir; void setup() { Blynk.begin(auth, ssid, pass); //Inisialisasi token, wifi dan password timer.setInterval(1000L, sendSensor); //Kirim data sensor Serial.begin(9600); } void loop() { Blynk.run(); //Jalankan pembacaan Blynk timer.run(); hitung_cahaya(); //Hitung nilai Lux if(ldrLux < 200){ TSekarang = millis(); if(TSekarang - TAkhir > 10000){ //Kirim notifikasi setiap 10 detik Blynk.notify("Tumbuhan Kekurangan Cahaya. Nyalakan Cahaya Buatan...!!!"); TAkhir = TSekarang; } } Serial.println(ldrLux); } void sendSensor(){ //Kirim data sensor Blynk.virtualWrite(V0,ldrLux); } void hitung_cahaya(){ ldrRawData = analogRead(LDR); //Baca sensor //------------Konversi dari data analog ke nilai lux------------// resistorVoltage = (float)ldrRawData / MAX_ADC_READING * ADC_REF_VOLTAGE; ldrVoltage = ADC_REF_VOLTAGE - resistorVoltage; ldrResistance = ldrVoltage / resistorVoltage * REF_RESISTANCE; ldrLux = LUX_CALC_SCALAR * pow(ldrResistance, LUX_CALC_EXPONENT); }
Kesimpulan:
Ketika sensor cahaya mendeteksi kurang cahaya maka nodeMCU akan mengirimkan notifikasi ke smartphone agar pengguna menyalakan sumber cahaya buatan. Button digunakan untuk menyalakan dan mematikan lampu.
[/membership]
Bikin project tanpa ribet beli komponen sana-sini? Starter Kit Arduino/IoT bisa jadi solusi mu!