Belajar Bahasa Arduino #Pernyataan untuk pemilihan dalam pemograman arduino


Halo lagi Sahabat Indobot, Bagaimana sudah mencoba berbagai Project tutorial yang ada ?

Bagi kalian yang baru  belajar ardunio dan ingin tahu tentang macam – macam ardunio, kalian bisa klik disini dulu sahabat indobot, tidak hanya itu jangan lupa untuk cek Dasar – Dasar Pemograman Arduino , Pengetahuan Dasar C Arduino disini.

Nah Sahabat Indobot, Berikut ini adalah sedikit penjelasan yang ditujukan kepada anda yang hanya mempunyai sedikit pengalaman pemrograman dan membutuhkan penjelasan singkat mengenai karakter bahasa C dan software Arduino. Sangat pas untuk kalian yang baru  belajar ardunio. Karena banyaknya pertanyaan tentang Pernyataan yang ada pada pemograman Arduino, kita akan bahas secara detail pada hari ini ^^.

Oke, jadi Ada 2 macam pernyataan ya Sahabat Indobot  yang dapat digunakan untuk memilih suatu kondisi dalam proses pemograman arduino yaitu

1. pernyataan pemilihan dengan menggunakan if – else

2. pernyataan pemilihan dengan menggunakan switch – case

Kedua pernyataan ini sama-sama digunakan untuk memilih suatu percabangan dalam program. Bagaimana cara penggunaannya, akan dibahas berikut ini.

Pernyataan if – else

Format penulisan pernyataan if – else adalah sebagai berikut :

Sumber Gambar : Gallery PribadiDengan menggunakan flowchart dapat digambar sebagai berikut shabat Indobot :

Sumber gambar : www.kelasrobot.com

Contoh pemograman dengan menggunakan if – else

Sumber Gambar : Gallery Pribadi

 

Pernyataan if-else digunakan untuk membandingkan variabel dengan suatu kondisi logika. Bila variabel bernilai benar, maka pernyataan1 akan dieksekusi bila tidak (else) maka pernyataan2 yang akan dieksekusi. Pernyataan if dapat juga ditulis tanpa else. Bila demikian, maka if hanya akan menjalankan pernyataan1 jika nilai variabel yang dibandingkan benar.

Pernyataan switch – case

Format penulisan pernyataan switch – case  adalah sebagai berikut :

Sumber Gambar : Gallery PribadiDengan menggunakan flowchart dapat digambar sebagai berikut :

Sumber Gambar : Kelasrobot.com

Gimana Sahabat Indobot ?, apakah artikel ini menjawab kebingungan Sahabat Indobot dalam belajar ardunio ?, Tinggalkan komentarmu ya sahabat Indobot, jika ada pertanyaan .


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published.