Arduino merupakan suatu hardware kontroler yang memiliki software pemrograman yang bersifat open source. Arduino dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri, yaitu bahasa C. Jenis hardwarenya pun bermacam-macam, ada Arduino Uno, Arduino Nano dan yang lainnya. 

Penerapan Arduino menjadi sebuah project sederhana yang berguna bagi kehidupan sehari-hari pun sangat banyak. Nah berikut ini adalah contoh-contohnya!

 1. Cara Menghitung Kendaraan dengan Sensor Inframerah (Obstacle) Arduino

Bagaimana cara kerja counter kendaraan milik polisi yang bisa menghitung jumlah kendaraan yang melalui suatu jalan tertentu secara otomatis? Arduino juga bisa melakukannya lho. Sensor inframerah akan membaca berapa jumlah kendaraan yang lewat dan kemudian Arduino akan memprosesnya dan menampilkan hasilnya. Penasaran cara kerja dan tutorial pembuatannya? Cek di sini!

 2. Buat Melodimu Sendiri dengan Buzzer Arduino UNO

Salah satu penerapan Arduino di bidang seni musik yaitu membuat nada dengan komponen buzzer dan Arduino. Jadi main musik nggak hanya bisa menggunakan gitar atau piano saja. Kita bisa bermusik dengan menggunakan Arduino. Nah jika kamu penasaran, silahkan akses tutorialnya disini.

 3. Masih Zaman Pake Saklar? Nyalain Lampu Pake Arduino Aja

Menghidupkan lampu secara otomatis? Ya, seperti alarm yang akan berbunyi di jam tertentu. Lampu di rumah kita juga bisa dibuat menyala dan mati pada jam tertentu. Misal lampu akan otomatis menyala saat jam 5 sore dan akan otomatis mati saat jam 6 pagi, tanpa kita harus menggunakan saklar. Mau coba buat project Arduino seperti ini? Coba ce tutorialnya disini.

 4. Cara Mudah Menggunakan Sensor Gas Arduino UNO

Tabung Gas kamu sering bocor? Wah bahaya sekali ini, harus sering-sering di cek, tapi sesering apa sih kita harus cek? Kalau lupa bagaimana? Nah ini dia salah satu manfaat dari Arduino, kita bisa membuat alarm kebocoran tabung gas di rumah kita. Jadi sensor gas akan membaca gas LPJ yang bocor, kemudian Arduino akan memprosesnya dan mengeluarkan suara alarm. Keren kan? Coba deh buat projectnya dengan cara klik disini

Untuk dapat mempelajari Arduino, kamu bisa mengikuti kelas onlinenya disini atau klik tombol DAFTAR di bawah ini!

Tinggalkan Komentar