Apa itu Line Follower? Robot Pengikut Garis?


Hai teman Indobot, pasti udah nggak asing lagi ya dengan kata “line follower”? Yap… bener, eh ada yang masih bingung juga ya? Ya udah deh, yuk kita bahas bareng-bareng apa itu line follower.

Pembelajaran menggunakan robot line follower (sumber : dokumentasi Indobot)

Line follower adalah salah satu jenis robot yang cara kerjanya mengikuti garis gaes, udah ketebak sih ya dari namanya hehe. Nah si robot line follower ini harus memiliki indra layaknya manusia untuk bisa melihat atau membaca suatu garis. Dia menggunakan sensor cahaya untuk bisa membaca dan mengikuti garis yang ada di depannya Simple banget kan?

Sensor ini disusun dari photodiode dan led. Jadi si led berfungsi sebagai sumber dan pengirim cahaya ke garis, lalu cahaya akan dipantulkan oleh garis dan kemudian akan dibaca oleh photodiode sebagai penerima cahaya. Jika photodiode menerima cahaya, itu berarti sensor cahaya telah berhasil membaca adanya garis, dan robot akan mulai mengikuti garis tersebut.

Garis yang biasa diikuti adalah garis hitam di atas permukaan yang berwarna putih atau garis putih di atas permukaan yang berwarna hitam. Kamu tau kan bahwa sifat dari warna putih (permukaan terang) dapat memantulkan cahaya, sedangkan warna hitam (permukaan gelap) tidak dapat memantulkan cahaya. Nah prinsip ini yang digunakan sensor cahaya pada robot line follower.

Cara Kerja Sensor Cahaya (sumber : images.google.com)

Robot line follower pun dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu analog dan mikro. Yang membedakan adalah otaknya atau kontrolernya. Jika robot line follower analog hanya menggunakan IC transistor sebagai kontroler, sehingga dia tidak akan bisa diberi peritah, dan hanya bisa mengikuti garis berbentuk lurus, oval atau kotak saja. Sedangkan robot line follower mikro menggunakan kontroler dalam bentuk IC board, contohnya arduino (Baca juga artikel Apa itu Arduino ? Yuk kita belajar arduino bareng ). Jadi dia bisa diprogram sesuai perintah kita, misalnya ada persimpangan dia bisa belok kanan, kiri, lurus atau bahkan berhenti.

Teknologi robot line follower ini sudah berkembang sangat pesat sampai sekarang, termasuk untuk media edukasi anak, dengan program maze solvingnya. Di sini anak akan diajak untuk menyelesaikan lintasan yang berkelok-kelok yang harus dilalui robot line follower dengan cara memprogram robotnya. Tentunya kemampuan spasial, kreatifitas, stategi, logika, serta analisa anak akan banyak digunakan.

Gimana? Udah semakin ngerti ya apa itu line follower? Jika kamu suka dengan artikel singkat ini, silahkan share ke teman-teman kamu atau jika kamu tertarik untuk menulis, kamu juga bisa memposting tulisan-tulisan menarikmu di website www.indobot.co.id

See you on the next article guys, bye bye…


Like it? Share with your friends!

0