Apa itu Arduino ? Yuk kita belajar arduino bareng


Halo Sahabat Indobot, Pada Kesempatan kali ini kita akan membahas sekilas tentang apa sih sebenarnya Ardunio ?

     Nah Menurut Istilah Arduino adalah pengendali mikro single-board dan Pengendali ini bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Dan Untuk Informasi ya sahabat Indobot , Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. Saat ini Arduino sangat populer di seluruh dunia. Banyak pemula yang belajar mengenal robotika dan elektronika lewat Arduino karena mudah dipelajari. Tapi tidak hanya pemula, para hobbyist atau profesional pun ikut senang mengembangkan aplikasi elektronik menggunakan Arduino. Bahasa yang dipakai dalam Arduino bukan assembler yang relatif sulit, tetapi bahasa C yang disederhanakan dengan bantuan pustaka-pustaka (libraries) Arduino. Arduino juga menyederhanakan proses bekerja dengan mikrokontroler,

Baca Juga :

  1. Cara Memprogram Arduino Tanpa Menggunakan Arduino IDE
  2. Belum Tahu Macam – Macam Arduino? Ini Dia
  3. Tidak Bisa Instal USBASP/ISP di Windows dan Download? Ini Caranya

Nah, Karena Mikrokontroler ada pada perangkat elektronik di sekeliling kita. Misalnya handphone, MP3 player, DVD, televisi, AC, dll. Mikrokontroler juga dipakai untuk keperluan mengendalikan robot. Baik robot mainan, maupun robot industri.

Karena komponen utama Arduino adalah mikrokontroler, maka Arduino pun dapat diprogram menggunakan komputer sesuai kebutuhan kita. Gimana Sahabat Indobot ?, Sekarang sudah paham akan apa itu Ardunino ?, Kalau belum, jangan lupa ikuti Postingan tentang Arduino berikutnya ya.. Jangan lupa belajar arduino. Tinggalkan Komentarmu jika ada pertanyaan ya Sahabat Indobot !

 


Like it? Share with your friends!

0

17 Comments

Your email address will not be published.