Tutorial Arduino UNO R3 Mengakses Sensor Sentuh


Hallo Sahabat indobot… pada tuorial kali ini saya akan mengajak sahabat semua untuk berkenalan dengan sensor sentuh. Penasaran dengan bentuknya? Berikut adalah penampakannya.

Gb.Modul Sensor sensor sentuh

Seperti yang Sahabat semua lihat bahwa sensor sentuh diatas ada 2 jenis. Iya sahabat semua mereka adalah jenis sensor sentuh yang sering di jumpai di pasaran. Nah sekarang akan saya jelaskan secara singkat tentang apa itu sensor sentuh ya Sahabat Indobot. Jadi sensor sentuh merupakan sebuah sensor yang cara penggunaannya adalah dengan cara disentuh denga jari. Nah pasti dong sesuai dengan namanya iya kan sahabat Indobot. Pada saat disentuh sensor ini akan bernilai HIGH. Kenapa? Alasannya adalah karena tubuh manusia terdapat aliran listrik sehingga sensor ini dapat bekerja. Nah cukup memberi penjelasan kan paragraf singkat ini? Jika belum memuaskan silahkan perdalam lagi pengetahuan kalian mengenai satu sensor yang satu ini lebih lanjut. Sekarang kita akan langsung saja mempraktikkan bagaimana cara mengakses sensor sentuh ini. Rangakain ini tentunya akan menggunakan LED sebagai indikator outputnya. Yuk silhakan simak dan lakukan tahap-tahapan dibawah ini:

Alat dan Bahan

Tahap Pertama, Silahkan siapkan alat dab bahannya yang terdiri dari komponen berikut ini :

  1. Komputer yang terinstal Arduino IDE                      1 unit
  2. Arduino UNO R3 & Kabel USB                              1 buah
  3. Modul Sensor Sentuh TP223B                                  1 buah
  4. LED                                                                           1 buah
  5. Kabel Penghubung                                                     Secukupnya

Gambar Rangkaian

Selanjutnya, jika semua alat dan bahan telah siap, buatlah rangkaian seperti di bawah ini :

Programming

Nah proses terakhir adalah sahabat indobot harus memprogran Arduino dengan Arduino IDE pada komputer masing-masing. Silakan ketik program di bawah ini kemudian upload pada modul arduino kalin ya sahabat indobot.

constint pinSensor = 7;

constint pinLed = 2;

void setup() {

pinMode(pinSensor, INPUT_PULLUP);

pinMode(pinLed, OUTPUT);

}

void loop() {

if (digitalRead(pinSensor) == HIGH) {

while (digitalRead(pinSensor) == HIGH) {}

digitalWrite(pinLed, !digitalRead(pinLed));

}

delay(500);

}

Setelah proses Upload Program telah berhasil, Sahabat Indbot silahkan sentuh modul sensornya, seharusnya LED akan menyala dan jika disentuh lagi LED akan mati.

Oke  sahabat Indobot, itulah tutorial cara menghidupkan LED dengan sensorsentuh. Teruslah berkarya dan sampai jumpa pada tutorial selanjutnya.


Like it? Share with your friends!

0