7 Platforms IOT gratis yang sering digunakan

Naah sahabat indobot saya ingin berbagi sedikit pengetahuan nih tentang IoT. IoT adalah sebuah konsep untuk memperluas pemanfaatan konektivitas internet. Dengan kata sederhana tujuan dari setiap perangkat IOT adalah untuk menghubungkan dengan perangkat lain IOT dan aplikasi (cloud-based kebanyakan) untuk menyampaikan informasi dengan menggunakan protokol internet transfer. Kesenjangan antara sensor perangkat dan jaringan data diisi oleh IOT Platform. Platform tersebut menghubungkan jaringan data untuk pengaturan sensor dan memberikan wawasan menggunakan aplikasi backend untuk memahami sejumlah data yang dihasilkan oleh ratusan sensor. Mengingat kemungkinan bahwa internet hal menawarkan perusahaan teknologi telah mulai memanfaatkan itu. Ada banyak platform IOT tersedia sekarang yang memberikan pilihan untuk menyebarkan internet aplikasi hal di mana saja. sebagai contoh seperti berikut :

 

1.  Ubidots

Jasa Pemrograman Arduino, Jual Arduino Jogja, Kursus Arduino, Kursus IoT, Alat Peraga Mikrokontroler,  Jasa Pembuatan Alat Peraga Elektronika, Kursus Online Mahasiswa, Kursus Online Murah
Ubidots

Ubidots adalah platform IoT menarik lainnya yang menyediakan beragam layanan. Pertama, ia mendukung beberapa perangkat seperti Arduino, Raspberry Pi, Particle, Espressif, Onion dan banyak lagi. Selain itu, ada beberapa jenis layanan yang berbeda dari konektivitas perangkah hingga visualisasi data. Beberapa fitur yang dimiliki oleh Ubudots antara lain adalah sebagai berikut :

 

2. Fire Base

Firebase adalah suatu layanan dari Google yang digunakan untuk mempermudah para pengembang aplikasi dalam mengembangkan aplikasi. Dengan adanya Firebase, pengembang aplikasi bisa fokus mengembangkan aplikasi tanpa harus memberikan usaha yang besar. Dua fitur yang menarik dari Firebase yaitu Firebase Remote Config dan Firebase Realtime Database. Selain itu terdapat fitur pendukung untuk aplikasi yang membutuhkan pemberitahuan yaitu Firebase Notification

 

3. Geeknesia

Geeknesia adalah sebuah Platform Internet of Things (IoT) untuk mempermudah development solusi IoT, juga merupakan sarana untuk showcase ide, proyek, solusi, atau startup yang berhubungan dengan IoT, dan merupakan platform Crowdfunding untuk berbagai macam produk teknologi. Geeknesia dikembangkan dan dibuat oleh PT. IoT Inovasi Indonesia. User adalah seluruh pengguna platform Geeknesia baik sebagai User, Creator, dan Supporter.

 

4. Telkomsel IOT

 

PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel mengembangkan bisnis internet of things dengan membangun ekosistem digital melalui kolaborasi dengan sejumlah pemangku kepentingan.

Telkomsel mengatakan untuk merangsang pertumbuhan ekosistem internet of things (IoT), Telkomsel memiliki program Telkomsel Innovation Center (TINC).  Program TINC merangkum berbagai kegiatan dalam membentuk ekosistem IoT Indonesia

 

5. Blynk

BLYNK adalah platform untuk aplikasi OS Mobile (iOS dan Android) yang bertujuan untuk kendali module Arduino, Raspberry Pi, ESP8266, WEMOS D1, dan module sejenisnya melalui Internet.

Aplikasi ini merupakan wadah kreatifitas untuk membuat antarmuka grafis untuk proyek yang akan diimplementasikan hanya dengan metode drag and drop widget.

Penggunaannya sangat mudah untuk mengatur semuanya dan dapat dikerjakan dalam waktu kurang dari 5 menit. Blynk tidak terikat pada papan atau module tertentu. Dari platform aplikasi inilah dapat mengontrol apapun dari jarak jauh, dimanapun kita berada dan waktu kapanpun. Dengan catatan terhubung dengan internet dengan koneksi yang stabil dan inilah yang dinamakan dengan sistem Internet of Things (IOT).

 

6Antares

ANTARES adalah Brand di bawah PT Telekomunikasi Indonesia yang spesifik bergerak di IoT Platform.

fitur yang disediakan oleh antares :

  • Keamanan Seluruh komunikasi ditransmisikan di jalur yang telah dienkripsi. Segalanya diatur agar sangat handal, aman, dan tagguh di atas Secure Transport Layer.
  • Handal antares akan memenej infrastruktur Anda selama 24/7. Fokuskan diri anda kepada ide-ide dan servis yang ingin Anda bangun.
  • Beragam Perangkat Antares medukung berbagai macam perangkat seperti Arduino, ESP, Android, Raspberry Pi, dll dan berbagai macam bahasa pemrograman.
  • Open API Anda tidak hanya bisa mengontrol aplikasi Anda melalui dashboard namun juga menggunakan API yang disediakan.

 

7. Thing Speak

Thing Speak adalah platform open source Internet of Things (IOT) aplikasi dan API untuk menyimpan dan mengambil data dari hal menggunakan protokol HTTP melalui Internet atau melalui Local Area Network. ThingSpeak memungkinkan pembuatan aplikasi sensor logging, aplikasi lokasi pelacakan, dan jaringan sosial hal dengan update status “. ThingSpeak awalnya diluncurkan oleh ioBridge pada tahun 2010 sebagai layanan untuk mendukung aplikasi IOT. ThingSpeak telah terintegrasi dukungan dari numerik komputasi perangkat lunak MATLAB dari MathWorks. Memungkinkan ThingSpeak pengguna untuk menganalisis dan memvisualisasikan data yang diunggah menggunakan Matlab tanpa memerlukan pembelian lisensi Matlab dari MathWorks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *