5 Projek Smart Home Dasar paling mudah

Pada Kali ini saya akan membahas macam-macam projek yang akan kita kerjakan dalam Smart Home. Projek-projek dibawah ini adalah projek yang cukup sederhana dan tidak menghabiskan dana yang banyak tetapi saya rasa projek dibawah ini terkesan cukup keren dan juga memiliki fungsi yang wajib dimiliki ketika kita akan mengerjakan Smart Home sederhana

 

  1. Menghidupkan lampu rumah dari smartphone

Pada tutorial ini, Saya akan menunjukkan satu kasus implementasi IoT yang dapat Kamu coba dengan tingkat kesulitan yang rendah dan budget yang ekonomis. Skenarionya adalah membuat perangkat yang dapat menyalakan dan mematikan lampu melalui komputer atau handphone yang terhubung ke internet.

video : Belajar Node MCU paling mudah

 

  1. Monitoring Suhu melalui smartphone

Monitoring suhu dan kelembapan pada ruangan melalui smartphone akan menjadi bahasan yang menarik pada projek kita selanjutnya, tingkat kesulitannya relatif endah juga dan secara biaya cukup ekonomis. Sensor suhu tipe DHT11 merupakan komponen yang paling mudah ditemukan dan juga paling murah, dengan   sensor ini kalian bisa memulai membuat sebuah rangkaian sederhana untuk membuat project IoT kalian. dan Smartconfig merupakan cara termudah bagi kalian untuk   menghubungkan ESP32 ke WiFi Hotspot.

video : Project monitoring suhu dengan arduino dan android

 

  1. Mendeteksi adanya maling dengan sensor pir arduino

Mendeteksi adanya orang tidak dikenal masuk kerumah ketika kita diluar rumah maupun ada dirumah dengan menggunakan sensor PIR. Sensor PIR adalah sebuah sensor yang dapat mendeteksi adanya gerakan dengan menerima pancaran sinar infra merah dari benda yang ada di depannya, jadi perlu diperhatikan ya temen- temen, sensor ini tidak mengeluarkan sinar infra merah melainkan hanya menerima pancaran sinar infra merah saja.

video : sistem keamanan rumah dengan menggunakan sensor pir dan node mcu 8266

 

  1. Membuka Pintu Melalui Smart Phone

Produk ini diperuntukkan khusus untuk kunci rumah keluarga yang memungkinkan user, yang memiliki hak akses (family), dapat mengunci atau membuka pintu menggunakan akun masing-masing melalui smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet.  Hal ini akan mengurangi penggunaan kunci manual. Karena menggunakan koneksi internet, produk ini tidak terpengaruh jarak sehingga dapat dikontrol dari mana saja dan kapan saja.

video : Relay Module + Solenoid Door lock How to control them with an Arduino

 

  1. Membuka pintu menggunakan finger print arduino

Kalau sebelum nya alat tersebut dapat membuka pintu jika kita menekan trigger pada smartphone, berbeda dengan yang akan kita buat sekarang. Pintu akan terbuka saat sidik jari yang kalian tempel di sensor nya sudah benar atau sudah terdaftar pada alat tersebut.

video : #TUTORIAL Fingerprint Doorlock Arduino – Membuka Pintu Dengan Sidik Jari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *