5 Contoh penerapan Smart City di Indonesia

Sebuah kota bisa disebut sebagai kota pintar atau smart city jika sudah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi hingga level tertentu dalam proses tata kelola dan operasional sehari-hari. Integrasi teknologi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi, membagikan informasi kepada publik, hingga memperbaiki pelayanan kepada masyarakat ataupun meningkatkan kesejahteraan warga dengan menggunakan teknologi iot.

Selain dari pihak pemerintah, pihak swasta juga ikut berpartisipasi membantu mewujudkan konsep smart city di Indonesia. Saat ini ada Matakota yang membantu masyarakat ataupun pemerintah memasukkan beragam informasi seperti kemacetan lalu-lintas, bencana alam, tindak kriminal, maupun informasi anak hilang. Ada juga yang memungkinkan masyarakat di berbagai kota menyampaikan keluhan terkait kondisi fasilitas umum.

Contoh penerapan Smart City di Indonesia :

  • Mobile Payment

Go-pay dan ovo memang sedang menjadi raja mobile payment di Indonesia. Berbagai fitur yang mereka berikan memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi. Selain itu, perkembangan mobile payment di Indonesia dapat mempercepat perputaran uang. Percepatan perputaran uang ini juga sebagai salah satu indikator percepatan ekonomi suatu daerah. Memang, membiasakan masyarakat membayar dengan yang virtual tidaklah mudah dan membutuhkan waktu untuk penyesuaian.

 

  • CCTV Public Kota

Sistem informasi perencanaan daerah, informasi monitoring evaluasi, pelaporan warga online terintegrasi, aplikasi CCTV publik, sampai sistem perizinan bangunan yang dapat diurus tanpa perlu datang ke kantor pemerintah.

 

  • EBT(Energi Baru Terbarukan)

Menggunakan sistem kelistrikan melalui smart grid akan mengatur penggunaan pembangkit listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan energi fosil. Pembangkit tersebut perlu diatur karena tidak selamanya EBT bisa terus beroperasi, perlu disangga pembangkit fosil. Selain itu, di sisi pelanggan melalui smart grid juga bisa mengatur menggunakan listrik secara otomatis sesuai dengan kebutuhan, sehingga bisa tercipta penghematan.

 

  • Solar City  (Pemanfaatan Sinar Matahari)

Sinar matahari menerangi Indonesia sepanjang tahun. Sebagai bagian dari salah satu negara tropis, Indonesia memiliki banyak kelebihan. Salah satunya yaitu kelebihan sinar matahari. Dari kelebihan ini, harusnya matahari bisa menjadi penunjang kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari. Bagi pemerintah yang serius mengembangkan Smart City di daerahnya, energi matahari bisa menjadi acuan awal untuk mendirikan daerah mandiri energi. Selain dapat mengurangi biaya kelistrikan yang memang tidak sedikit.

  • Pemerintah Pintar (Smart Governance)

 

Kunci utama keberhasilan penyelengaraan pemerintahan adalah Good Governance. Yaitu paradigma, sistem dan proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang mengindahkan prinsip-prinsip supremasi hukum, kemanusiaan, keadilan, demokrasi, partisipasi, transparansi, profesionalitas, dan akuntabilitas ditambah dengan komitmen terhadap tegaknya nilai dan prinsip “desentralisasi, daya guna, hasil guna, pemerintahan yang bersih, bertanggung jawab, dan berdaya saing”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *