5 contoh kota yang menerapkan smart city di indonesia

Salah satu dimensi terpenting dari Smart City adalah bahwa kota seharusnya memberikan pelayanan yang menggunakan teknologi terkini, dan membangun infrastruktur yang pintar, sehingga dapat memberikan pelayanan yang efektif dan murah kepada seluruh masyarakat yang tinggal di kota tersebut. Ramah lingkungan,  hal  pertama dilakukan adalah  mewujudkan ruang terbuka hijau (RTH). Efisien dalam penggunaan energi, angkutan publik menjadi sebuah keharusan dan penyediaan yang memadai. Menerapkan teknologi tepat guna sejalan dengan penambahan infrastruktur,   menerapkan berbagai macam kajian yang lebih efisien, fleksibel dan tepat dan mampu menerapkan implementasi konsep-konsep smart city.

  1. Jakarta

Sebagai salah satu ibukota negara dengan tingkat urbanisasi tertinggi di dunia dan kota yang memiliki penghasilan per kapita tertinggi di Indonesia, Jakarta menyajikan berbagai tantangan yang kompleks serta masih berusaha membangun sebuah komunitas yang kohesif dan aktif turut serta mewujudkan Jakarta yang lebih baik.

Konsep smart city di Jakarta dibuat berdasarkan 6 pilar: Smart Governance, Smart People, Smart Living, Smart Mobility, Smart Economy, dan Smart Environment. Smart city harus bermanfaat untuk seluruh masyarakat sehingga mereka bisa mendapatkan hidup yang lebih baik. Dengan smart city, data disajikan dengan lebih transparan.

  1. Makassar

Najiran menjelaskan, semenjak kepemimpinan Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto, Makassar telah dikenal luas oleh negara-negara di dunia melalui beberapa program unggulannya seperti Home Care, Longset, War Room, Pedistrian Bintang 5.

 

Dengan demikian, Komisi Eropa berencana akan melakukan pertemuan dengan Kementerian Bappenas dan Kementerian Luar Negeri untuk mewujudkan kerjasama internasional antara beberapa Government Agency di Eropa dengan Kota Makassar.

  1. Bandung

Di bawah kepemimpinan Walikota Ridwan Kamil, kota Bandung terlihat sangat serius membawa jargon smart city. Sebenarnya proyek IT di Bandung sudah ada sejak lama. Berbagai proyek pengadaan dan pengembangan teknologi informasi sesungguhnya sudah dilakukan dari era pemerintahan sebelumnya

  1. Surabaya

Kota Surabaya telah mengimplementasikan Smart City dengan di awali dengan e-government pada tahun 2003 yang berguna sebagai penyusun anggran pemerintah daerah semua perencanaan pembelajaran telah di atur di e-budgeting dari berapa besar biaya perencanaan pembelanjaan pemerintah Kota Surabaya

  1. Yogyakarta

Konsep Smart City sangat relevan dengan rencana pembangunan DIY yang pada dasarnya telah dimulai dari Smart Action Plan, yang dimulai dari penyusunan dokumen perencanaan pembangunan DIY telah berbasis IT yaitu “Jogja Plan”. Sebagai Contoh dari Jogja plan yang telah di implementasikan yaitu Smart Living, Smart Environment, Smart Living, Smart Economy, Smart Government.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *