Teknologi Internet of Things (IoT) sudah banyak berkembang di berbagai bidang. Di Indonesia sendiri IoT sudah mulai banyak diimplementasikan, seperti pembangunan smart city di berbagai kota, penerapan smarthome, dan lain sebagainya. Tapi ternyata di bidang industri pefilman juga telah banyak memperkenalkan teknologi Internet of Things yang sungguh luar biasa. Berikut ini merupakan 3 film yang menghadirkan teknologi Internet of Things.

 1. Iron Man

source : maxresdefault.jpg

Tony Stark yang diperankan oleh Rober Downey Jr, yang juga menjadi pemeran tokoh Iron Man. Dia hidup sebagai miliader yang memiliki perusahaan yang bergerak di bidang senjata dan teknologi bernama Stark Industries.

Dalam film ini, Internet of Things hadir di berbagai screen atau adegan. Contohnya, Tony Shark dapat berkomunikasi dengan perangkat dan teknologi canggihnya. J.A.R.V.I.S merupakan teknologi pintar yang digunakan Tony Shark. Perangkat tersebut dapat memberikan informasi mengenai kesehatan, jadwal perjalanan, kekuatan musuh, kelemahan musuh , dan lain sebagainya. Selain itu teknologi Internet of Things juga terdapat dalam mobil, pesawat, serta di banyak perangkat di rumah dan perusahaan Tony Shark yang tidak bisa dipisahkan dari tayangan Iron Man.

 2. Mission Imppossible

source : maxresdefault.jpg

Tom cruise sebagai pemeran utama dalam film ini yang juga berperan sebagai Ethan Hunt. Sesuai judul yang ditulis pada film ini, film ini bercerita tentang sebuah misi yang tidak mungkin dijalankan. Adegan ketika bertarung di kendaraan yang berjalan, memanjat tower Burj Khalifa, dan yang masih banyak adegan menegangkan yang ada pada film ini.

Berbagai teknologi yang selalu dibawa Ethan Hunt menggunakan teknologi Internet of Things. Seperti gadget, computer, bahkan sampai kendaraan yang canggih tersebut dapat membantu menyelesaikan misi yang tidak mungkin tersebut. Itu semua diintegrasikan oleh teknologi Internet of Things.

 3. James Bond

source : maxresdefault.jpg

Film asal Inggris yang menjadikan James Bond tokoh utama disebut agen M16 atau juga agen 007. Di film ini juga, hampir semua adegan tidak terlepas dari teknologi Internet of Things. Mulai dari peralatan yang digunakan oleh James Bond, sampai kendaraan yang super canggih. Padahal ketika film ini dikeluarkan, teknologi Internet of Things belum hadir di dunia nyata. Selain itu IoT juga digunakan pada markas untuk melacak dan mengetahui letak target secara realtime.

Itulah 3 film yang menggunakan teknologi Internet of Things. Bahkan, sebelum IoT berkembang seperti saat ini , sudah banyak film yang menggukan IoT sebagai teknologinya.

Nah, buat kalian semua yang sudah membaca artikel ini dan tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang Internet of Things, kalian bisa Join Kursus IoT di Indobot Academy. Kalian akan mendapatkan materi yang lengkap dan tentunya mudah untuk dipahami.

Referensi : koinworks.com, medium.com

Tinggalkan Komentar